PT KAI Kembali Buka Lowongan, Simak Syarat dan Ketentuannya

Sumber: istimewa

Sebagai badan usaha milik negara (BUMN) yang sedang meningkat performanya, PT Kereta Api Indonesia (KAI) kembali mengajak anak bangsa untuk menjadi bagian dari mereka. Tahun 2017 lalu, KAI sendiri telah membuka lowongan pekerjaan untuk menjadi masinis dikarenakan kebutuhan untuk menjadi masinis sangat besar karena adanya kereta Bandara, KRL dan yang masuk dalam masa pensiun.

Baca juga: Mau Jadi Masinis PT KAI, Baca Dulu Beberapa Persyaratannya!

Kali ini KabarPenumpang.com menginfokan dari laman recruitment.kai.id, sejak 17 Juli 2018 kemarin PT KAI membuka lowongan sebagai operasional, pemeliharaan dan teknologi informasi yang akan di seluruh wilayah kerja KAI. Terkhusus untuk operasional (masinis, PPKA dan juru langsir) dan pemeliharaan (sarana, sinyal telekomunikasi dan listrik serta jalan rel dan jembatan) akan memprioritaskan pada Divisi Regional (Divre) 1 Sumatera Utara.

Sedangkan untuk bagian teknologi informasi PT KAI membuka penempatan diseluruh wilayahnya. Bagi para pelamar di posisi tersebut berjenis kelamin pria dan harus sehat secara jasmani serta rohani dalam hal ini tidak bertindik dan bertato serta tidak menggunakan obat-obatan terlarang.

Para pelamar harus memiliki ijazah SLTA dengan nilai UAN rata-rata minimal 6,0 dengan usia per 1 Agustus 2018 paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 25 tahun. Pada formasi pemeliharaan dan teknologi informasi pelamar memiliki tinggi badan minimal 160 cm dan 165 cm untuk operasional.

Dalam pelamaran pekerjaan ini pun bagian operasional terbagi dua yakni operasional dan pemeliharaan serta operasional PPKA. Untuk persyaratannya pun bagi operasional dan pemeliharaan adalah SMA jurusan IPA, SMK Mesin, Otomotif, Listrik, Elekrto, Elektroika, Telekomunikasi, Bangunan dan Sipil.

Sedangkan pelamar operasional PPKA bisa dari jurusan IPA atau IPS. Bagian teknologi informasi tak jauh berbeda dengan operasional dan pemeliharaan untuk jurusan lulusan sekolah.

Para pelamar bisa mengunduh panduan bila memang belum jelas untuk registrasi dan apply. Jangan lupa buat akun pada https://recruitment.kai.id/ sebelum melakukan registrasi dan mengunggah dokumen.

Baca juga: Ingin Jadi Masinis Shinkansen? Datang Saja ke Omiya Railway Museum, Saitama!

Proses pelamaran dan apply semua dokumen akan dimulai pada 17 hingga 23 Juli 2018 dan hanya bisa mengikuti satu pilihan perekrutan saja. Adapun lokasi seleksi berdasarkan lokasi daerah yakni Jakarta, Bandung, Cirebon, Semarang, Purwokerto, Yogyakarta, Madiun, Surabaya, Jember, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Palembang dan Tanjungkarang sesuai apply yang dilakukan pelamar.

Dalam melakukan perekrutan tersebut PT KAI tidak memungut biaya apapun dan tidak menggunakan sistem refund atau penggantian biaya transportasi serta akomodasi yang berkaitan dengan pelaksanaan perekrutan. Tak hanya itu, bagi pelamar diharapkan tidak menerima janji apapun dari pihak-pihak yang mengaku bisa membantu dalam meluluskan perekrutan.