PT KCI: Tukar KMT Lama ke Baru Sebelum Tanggal 21 Juli 2018

(kaorinusantara)

Sebagai pengguna tetap kereta rel listrik atau KRL biasanya akan memiliki Kartu Multi Trip (KMT) yang digunakan untuk alat pembayaran yang sah dengan men-tap in dan tap out pada gate stasiun. Namun, sebagai pengguna KMT, ada info untuk mengganti kartu KMT lama Anda.

Baca juga: PT KCI Gandeng PPD Hadirkan Bus Integrasi dari Stasiun Sudirman ke Gambir dan Blok M

KabarPenumpang.com merangkum dari berbagai laman sumber, bahwa pembaharuan sistem tiket elektronik KRL untuk KMT dilakukan oleh PT Kereta Commuter Indonesia (KCI). Dengan adanya pembaruan sistem tiket tersebut, dihimbau kepada pengguna KMT edisi lama untuk menukarkannya sebelum 21 Juli 2018.

Adapun pembaruan yang dilakukan KCI berlaku bagi pemilik KMT dengan nomor seri empat angka pertama 1001, sehingga bagi pemilik kartu dengan nomor ini baiknya untuk segera menukarnya ke loket. Nomor ini sendiri berada di belakang kartu KMT yang dimiliki para penggunanya.

“Sementara pemilik KMT dengan nomor seri empat angkat pertama selain 1001 tidak perlu menukarkan kartu miliknya,” ujar VP Komunikasi Perusahaan PT KCI Eva Chairunisa.

Untuk penukaran kartu KMT dengan edisi terbaru sendiri tidaklah dikenakan biaya sepeserpun. Untuk penurkaran ada beberapa syarat yakni kartu bisa dibaca oleh sistem tiket elektronik kereta.

Kemudian kartu tidak sedang digunakan dalam transaksi yang belum tuntas seperti belum melakukan gate out di parkiran stasiun yang dikelola oleh PT Reska Multi Usaha. Nantinya jika dua syarat tersebut terpenuhi maka petugas akan memindahkan saldo dari KMT lama ke KMT baru.

Baiknya lagi, KCI memberikan garansi penggunaan KMT baru tersebut selama 30 hari atau satu bulan setelah penukaran terjadi. Adapun pentingnya penukaran ini sebab mulai 21 Juni 2018 besok, seri 1001 tidak lagi bisa melakukan tap in maupun tap out di seluruh stasiun.

Baca juga: PT KCI Hadirkan Mesin Penyelaras Tarif dan Penetapan Saldo Minimun Baru untuk Kartu Multi Trip

Program ini sebenarnya telah berjalan sejak tahun 2017 lalu. Untuk itu PT KCI menghimbau kembali kepada seluruh pengguna KMT bernomor seri 1001 untuk segera memanfaatkan program penukaran ini karena tenggat waktu yang semakin dekat. Eva menambahkan bahwa kebijakan KMT ini tidak berpengaruh terhadap kartu e-money yang diterbitkan oleh bank yang bisa digunakan sebagai kartu untuk masuk ke stasiun KRL.