PT Len Gandeng Thales Kembangkan Sistem Sinyal Kereta Api Indonesia

Sistem sinyal (Semboyan35)

Jakarta memiliki pertumbuhan penduduk cukup pesat dan kini tengah menghadapi urbanisasi dimana per tahunnya tumbuh sebesar 3,7 persen. Dalam menghadapi pertumbuhan tersebut lalu lintas juga akan semakin padat dan Jakarta mulai berbenah dengan menyiapkan transportasi massal.

Baca juga: Lanjutkan Uji Coba Persinyalan, Ini Kali Pertama Kereta MRT Jakarta Masuki Terowongan

Merespon kian padatnya lalu lintas di jakarta, baru-baru ini Pemprov Jakarta dianggap berhasil mengendalikan lalu lintas yang biasanya padat menjadi sedikit lenggang saat Asian Games 2018 berlangsung belum lama ini. Dimana memberdayakan pengelolaan ganjil genap yang biasanya hanya di sekitaran Jalan Sudirman-Thamrin, menjadi di beberapa titik jalan utama lainnya.

Tak hanya itu, dengan ini pun ternyata emisi karbon di langit ibukota ikut berkurang meski belum terlalu baik. Berbenahnya Jakarta juga terlihat dengan kemajuan layanan kereta listrik (KRL) CommuterLine dan kehadiran Light Rail Transit (LRT) serta proyek Mass Rapid Transit (MRT) yang dalam tahap finalisasi. Nah, ketiga moda transportasi tersebut didukung dengan sistem persinyalan dalam pengoperasiannya.

Dan sebagai bentuk dukungan, BUMN PT Len Indonesia belum lama ini telah melakukan kerja sama dan menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Thales untuk proyek pengembangan sistem sinyal (signalling) yang mutakhir bagi proyek-proyek kereta api di Indonesia. MoU tersebut merupakan perluasan kerja sama yang telah terjalin selama bertahun-tahun antara Thales dan PT Len, khususnya di sektor industri pertahanan.

Baca juga: Stasiun Gumilir Punya Sistem Sinyal Computer Based Interlocking Buatan Anak Bangsa

Selain pengembangan, pengiriman dan pemasangan sistem sinyal terpadu untuk pengelola MRT dan LRT lokal yang potensial, pendekatan pengembangan bersama ini akan mendukung Thales agar bisa terus meningkatkan keahlian para SDM Indonesia setempat melalui transfer teknologi dan membantu PT Len supaya bisa mewujudkan ambisinya untuk menghadirkan berbagai sistem berteknologi tinggi yang dikembangkan sendiri kepada dunia, serta menjadi pemain regional di sektor transportasi.

“Setelah bekerja sama dengan PT Len selama beberapa tahun dan menyadari kebutuhan Indonesia akan jaringan transportasi yang lebih baik, maka kami bertekad menjalin kemitraan dengan Indonesia sejalan dengan upaya mereka membangun infrastruktur transportasi masa depan,” tutur Erik-Jan Raatgerink, Country Director, Thales di Indonesia yang dikutip KabarPenumpang.com dari keterangan tertulisnya, Selasa (25/9/2018).