Punya 2 Ekstensi Baru, Metro Beijing Kukuhkan Jadi Jaringan Kereta Bawah Tanah Terpanjang

0
Ponsel pintar di tap dengan kode QR di stasiun Beijing (the Beijinger)

Metro Beijing memiliki dua ekstensi baru yang membuat sistem kereta bawah tanah mereka kini menjadi yang paling luas di dunia. Adanya perluasan ini bisa berfungsi sebagai metafora bagi kebangkitan Republik Rakyat Cina sebagai negara adikuasa.

Baca juga: Metro Shanghai, Jaringan Kereta Terpanjang di Dunia, Punya 18 Jalur!

Pembukaan dua ekstensi ini dilakukan pada 28 Desember 2019 kemarin dan memiliki panjang 699,3 km atau 434,6 mil. Kehadirannya ini menjadikan sepanjang Metro Beijing memiliki 405 stasiun termasuk 62 simpang susun yang menyalip Shanghai untuk menjadi jaringan metro terbesar di dunia.

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman railwaygazette.com (30/12/2019), adanya perpanjangan ekstensi sepanjang 16,6 km atau 10,3 mil sebelah timur jalur 7 yang membentang dari Jiaohuachang ke Huazhuang dan Huanqui Dujiaqu. Jalur ini melayani Universal Studio Resort yang menambahkan sembilan stasiun baru.

Rute ini kemudian dioperasikan oleh delapan kereta tipe B. Sedangkan dua stasiun terakhir dilayani oleh Batong Line yang diperpanjang 4,5 km atau 2,8 mil ke selatan dari Tuqiao ke Huanqui Dujiaqu di ujung utaranya jalur pinggiran kota dengan menyediakan koneksi metro jalur 1 di Sihui.

Metro Beijing saat ini sudah membawa lebih banyak penumpang setiap tahunnya dari sistem metro lain di dunia. Namun untuk stasiun, New York memiliki sebanyak 468.

Diketahui, Metro Beijing merupakan angkutan kereta yang melayani kawasan metropolitan Beijing. Sebelum diperpanjang saat ini, Metro Beijing memiliki 18 jalur dengan 319 stasiun dengan panjang rel 527 km atau 327 mil dan saat itu menjadi sistem metro terpanjang kedua di dunia setelah Shanghai Metro.

Metro Beijing dibuka tahun 1969 dan menjadi sistem angkutan cepat tertua di Cina Daratan. Angkutan cepat ini berkembang luar biasa setelah 2002 karena sebelumnya hanya ada dua jalur yg beroperasi.

Baca juga: MTR Hong Kong Siap Adopsi Integrated Speed and Position Supervision System Tahun Depan

Perkembangan terakhir sebelum perpanjangan dua ekstensi yakni pembukaan jalur 7 dan seksi jalur 6, 14 dan 15 pada 28 Desember 2014 lalu. Metro Beijing ini dimiliki oleh Kota Beijing dan memiliki dua operator yakni Beijing Masa Transit Railway Operation Corp yang mengoperasikan 15 jalur dan Beijing MTR Corp yang merupakan joint venture dengan Hong Kong MTR dengan mengoperasikan tiga jalur lainnya.

Leave a Reply