Punya Beragam Peran dan Spesifikasi, Inilah Jenis-Jenis Kapal RoRo

Sumber: harnas.co

Bagi Anda yang sering menggunakan jasa penyebrangan laut dengan menggunakan ferry, tentu Anda sedikit banyaknya tahu tentang keberadaan berbagai macam kapal jenis RoRo (Roll on Roll off) di pelabuhan. Selain dikenal dapat mengangkut penumpang, kapal RoRo juga terkenal ampuh untuk mengangkut beragam moda darat, mulai dari sepeda motor hingga kereta api sekalipun. Selama bertahun-tahun, beberapa kemajuan teknologi telah terjadi di dalam kapal penghubung antar pelabuhan ini, berikut KabarPenumpang.com himpun beberapa jenis RoRo yang dilansir dari laman marineinsight.com.

Baca Juga: Yuk Kenali “Ganasnya” Laut Dengan Level Sea State

Pure Car Carrier (PCC) dan Pure Car and Truck Carrier (PCTC) RoRo Ship

Sumber: youtube.com

Sesuai dengan namanya, PCC dikhususkan untuk mengangkut mobil; sedangkan PCTC tidak hanya mampu mengangkut mobil tapi juga truk dan beragam variasi kendaraan roda empat lainnya. Dari tampilan fisik, kedua kapal ini cukup mencolok ketika berada di atas air mengingat ukurannya yang bisa dibilang sangat besar. Biasanya PCC dan PCTC digunakan untuk pengiriman kendaraan baru antar pulau.

Container Vessel + RoRo (ConRo) Ship

Sumber: containerst.com

Ini merupakan penggabungan antara truk container dengan RoRo. Interior kapal semacam ini dirancang sedemikian rupa sehingga keseluruhan beban yang diangkut oleh kapal ini dapat didistribusikan secara merata dan seimbang. Daya angkut maksimum kapal ConRo ini sendiri dapat mencapai angka 20.000 hingga lebih dari 50.000 DWT (Dead Weight Tonnes).

General Cargo + RoRo (GenRo) Ship

Sumber: citadelshipping

Sebuah kapal kargo dengan daya angkut normal yang dilengkapi dengan fasilitas RoRo disebut Genro. Ukurannya sendiri terbilang lebih kecil dari dua jenis kapal di atas dengan perkiraan daya angkut 2.000 hingga 30.000 DWT.

RoPax

Sumber: knudehansen.com

RoPax merupakan istilah yang diberikan kepada kapal RoRo yang tidak hanya bisa mengangkut mobil, tapi juga menyediakan fasilitas yang dapat menunjang kehidupan para pelayar di atas kapal. RoPax tidak hanya digunakan sebagai istilah teknis, tapi juga nama kapal ini kerap kali didefinisikan sebagai ferry yang mengangkut kendaraan dan penumpang yang menghubungkan dua pelabuhan.

Baca Juga: Dublin Port Kedatangan Ferry Ro-Ro Terbesar di Dunia “MV Celine”

Complete RoRo Ship

Sumber: marineinsight.com

Kapal jenis ini tidak memiliki hatchways, dan sering kali digunakan di laut lepas. Walaupun bernama Complete RoRo Ship, tapi kapal ini hanya dapat mengangkut antara 2.000 hingga 40.000 DWT, tidak sebesar ConRo Ship.

Pada prinsipnya kapal Ro-Ro adalah kapal yang bisa memuat kendaraan yang berjalan masuk ke dalam kapal dengan penggeraknya sendiri dan bisa keluar dengan sendiri juga, sehingga disebut sebagai kapal roll on – roll off. Oleh karena itu, kapal ini dilengkapi dengan pintu rampa yang dihubungkan dengan moveble bridge atau dermaga apung ke dermaga. Secara keseluruhan, kapal RoRo juga tidak hanya digunakan untuk kepentingan sipil saja, melainkan di sektor angkatan laut juga menggunakan kapal ini, biasanya untuk mengangkut barang-barang penting yang berasal dari laut.