Wednesday, July 17, 2024
HomeAnalisa AngkutanPunya Keuntungan dan Tantangan Tersendiri, Inilah Delapan Tipe Kepemilikan Pesawat

Punya Keuntungan dan Tantangan Tersendiri, Inilah Delapan Tipe Kepemilikan Pesawat

Industri penerbangan sipil terbilang kompleks, salah satu yang dikenal adalah seputar kepemilikan pesawat, pasalnya tipe kepemilikan pesawat dapat bervariasi tergantung pada konteks dan tujuan penggunaan pesawat tersebut.

Baca juga: Takut Pesawat Disita Lessor di Luar Negeri, Maskapai Rusia Hanya Operasikan Penerbangan Domestik

Pemilihan tipe kepemilikan bergantung pada faktor-faktor seperti kebutuhan operasional, anggaran, dan preferensi pemilik atau penyewa. Berikut adalah beberapa tipe kepemilikan pesawat yang umum:

Tipe kepemilikan pesawat dapat bervariasi tergantung pada konteks dan tujuan penggunaan pesawat tersebut. Berikut adalah beberapa tipe kepemilikan pesawat yang umum:

1. Kepemilikan Penuh (Full Ownership)
Pesawat dimiliki sepenuhnya oleh satu individu atau satu perusahaan. Pemilik memiliki kontrol penuh atas pesawat dan bertanggung jawab atas semua biaya operasional, pemeliharaan, dan asuransi.

Contohnya miliarder seperti Jeff Bezos memiliki pesawat jet pribadi Gulfstream G650ER sepenuhnya untuk penggunaan pribadi dan bisnisnya.

2. Kepemilikan Bersama (Fractional Ownership)
Pesawat dimiliki oleh beberapa individu atau perusahaan yang masing-masing memiliki bagian (fraksi) dari pesawat. Pemilik fraksional memiliki hak untuk menggunakan pesawat selama jumlah jam tertentu setiap tahun, berdasarkan proporsi kepemilikan mereka. Biasanya dikelola oleh perusahaan manajemen pesawat yang mengatur operasi, pemeliharaan, dan jadwal penggunaan.

Tipe ini bisa dicontohkan dalam program NetJets yang menawarkan kepemilikan fraksional di mana beberapa klien berbagi kepemilikan pesawat seperti Cessna Citation XLS+. Setiap pemilik memiliki hak untuk menggunakan pesawat selama jumlah jam tertentu per tahun.

3. Sewa Operasi (Operating Lease)
Pesawat disewa dari perusahaan leasing untuk jangka waktu tertentu, biasanya beberapa tahun. Penyewa memiliki hak untuk menggunakan pesawat selama periode sewa tetapi tidak memiliki kepemilikan atas pesawat. Pembayaran sewa bulanan atau tahunan dan biasanya termasuk biaya pemeliharaan dan asuransi.

Tipe ini bisa dicontohkan seperti maskapai penerbangan seperti Delta Airlines menyewa pesawat Boeing 737 dari perusahaan leasing seperti AerCap untuk jangka waktu beberapa tahun tanpa memiliki kepemilikan penuh atas pesawat tersebut.

4. Sewa Modal (Finance Lease)
Serupa dengan sewa operasi, tetapi di akhir periode sewa, penyewa memiliki opsi atau kewajiban untuk membeli pesawat dengan nilai residu yang disepakati. Penyewa memiliki kontrol penuh atas pesawat selama periode sewa dan biasanya bertanggung jawab atas semua biaya operasional dan pemeliharaan.

Tipe ini seperti sebuah perusahaan korporat mungkin menyewa pesawat Bombardier Global 6000 dengan opsi untuk membeli pesawat tersebut setelah jangka waktu sewa lima tahun.

5. Penggunaan Charter (Charter Use)
Pesawat disewa untuk penerbangan tertentu atau untuk jangka waktu pendek. Penyewa memiliki akses ke pesawat untuk waktu tertentu atau penerbangan tertentu tanpa tanggung jawab jangka panjang atau biaya pemeliharaan. Contohnya perusahaan atau individu menyewa pesawat jet pribadi dari perusahaan charter seperti Flexjet untuk perjalanan bisnis atau liburan sekali-sekali tanpa komitmen jangka panjang.

6. Manajemen Pesawat (Aircraft Management)
Pemilik pesawat mempekerjakan perusahaan manajemen untuk mengelola operasi harian, pemeliharaan, dan kepatuhan regulasi. Pemilik tetap memiliki pesawat tetapi mengalihdayakan tanggung jawab operasional kepada perusahaan manajemen. Contohnya seorang pengusaha memiliki pesawat Embraer Legacy 500 tetapi mengontrak perusahaan manajemen pesawat seperti Jet Aviation untuk mengurus operasi harian, pemeliharaan, dan kepatuhan regulasi.

7. Kepemilikan Pemerintah
Dimiliki dan dioperasikan oleh instansi pemerintah atau militer, untuk keperluan operasional pemerintah, misi militer, atau layanan publik seperti pemadam kebakaran dan patroli perbatasan. Contohnya pemerintah Amerika Serikat memiliki pesawat kepresidenan seperti Air Force One (Boeing 747-200B) yang digunakan oleh Presiden Amerika Serikat untuk keperluan resmi dan perjalanan internasional.

8. Kepemilikan Maskapai
Pesawat dimiliki oleh maskapai penerbangan dan digunakan untuk operasi komersial. Penggunaan pesawat untuk penerbangan komersial yang membawa penumpang atau kargo. Contoh seperti Singapore Airlines memiliki dan mengoperasikan pesawat Airbus A380 untuk layanan penerbangan komersialnya yang membawa penumpang di rute internasional.

Apa Itu Pesawat White Tail? Berikut Penjelasannya

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru