Q4 2019, Scoot Akan Pindah dari Terminal 2 ke Terminal 1 di Bandara Changi

Maskapai penerbangan berbiaya rendah (LCC) asal Singapura, telah mengumumkan rencana perpindahan terminal di Bandara Changi. Persisnya Scoot akan memindahkan operasinya dari Terminal 2 (T2) ke Terminal 1 (T1) Changi pada kuartal terakhir tahun 2019. Perpindahan ini akan memfasilitasi rencana pertumbuhan Scoot.

Baca juga: Scoot dan Otoritas Bandara Changi Selidiki Tindak Percaloan ‘Kelebihan Bagasi’

Scoot memproyeksikan pertumbuhan double-digit per tahun hingga tiga tahun ke depan. Salah satu poin yang ingin ditingkatkan oleh maskapai adalah proses check-in dan boarding.

Untuk mendukung pertumbuhan Scoot di masa depan, Bandara Changi telah melakukan perluasan untuk menambah kapasitas penumpang di T1, yang ditargetkan selesai pada tahun 2019. Pada lantai Kedatangan, Meeters & Greeters Hall yang baru dan lebih luas telah menyambut penumpang sejak bulan April 2018. Lantai Kedatangan akan terintegrasi dengan Lantai 1 Jewel Changi Airport, sebuah destinasi gaya hidup yang berisi beragam atraksi, ritel, restoran, dan hotel, yang akan dibuka tahun depan. Area pengambilan bagasi juga diperluas untuk melayani lebih banyak penerbangan.

Sementara itu di area Keberangkatan T1, renovasi baru saja selesai. Fasilitas baru antara lain Fast and Seamless Travel (FAST) Zone di mana penumpang dapat check-in dan memasukkan bagasi di mesin otomatis swalayan. Melalui ekspansi ini, T1 siap mendukung peningkatan operasi yang diproyeksikan oleh Scoot. Penumpang Scoot dapat merasakan alur check-in yang lebih mudah, serta terminal yang lebih baru dan lebih luas di T1.

Dalam siaran pers yang diterima KabarPenumpang.com (19/11), CEO Scoot Lee Lik Hsin mengatakan, “Perpindahan ke T1 akan membawa sejumlah keuntungan, terutama akan membantu kami melayani basis penumpang yang terus tumbuh dengan nyaman dan memenuhi kebutuhan mereka terhadap layanan pra-penerbangan yang cepat dan bebas masalah. Kami terus bekerja keras untuk mencapai transisi yang mulus bagi penumpang, karyawan dan mitra kami, dan kami menanti Anda di rumah baru kami, T1 tahun depan.”

Baca juga: Jewel Changi, Bakal Jadi Destinasi Wisata Gaya Baru via Bandara Changi

Sementara itu Direktur Manajemen Operasi Bandara Changi Airport Group (CAG) Jayson Goh mengatakan, “CAG secara berkala meninjau alokasi maskapai di seluruh terminal untuk menyediakan kapasitas yang memadai bagi pertumbuhan lalu lintas di masa depan. Pada saat yang sama, kami berharap dapat meningkatkan pengalaman penumpang melalui optimasi penggunaan ruang untuk operasi bandara. CAG akan bekerja sama dengan Scoot untuk memastikan perpindahan ke T1 berjalan dengan lancar bagi seluruh penumpang.”