Quintiq Siap Otomatisasi Bandara Internasional Dubai

0
Dubai International Airports. Sumber: mob.gov.sa

Dubai Airports di Uni Emirat Arab telah menunjuk Quintiq untuk melakukan perencanaan dan penjadwalan otomatis di Dubai International dan Dubai World Central. Nantinya, Quintiq akan mengotomatisasi proses perencanaan di beberapa titik, seperti loket check-in, gerbang, dan tempat-tempat lain. Ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi, ketahanan, dan kepuasan penumpang secara menyeluruh.

Baca Juga: Aturan Baru Bagasi di Bandara Internasional Dubai

“Quintiq akan memungkinkan kami memaksimalkan pemanfaatan sumber daya tetap kita saat ini dan mempersiapkan ekspansi di masa yang akan datang,” tutur SVP operations di Dubai Airports, sebagaimana dilansir KabarPenumpang.com dari hoteliermiddleeast.com, Minggu (11/6/2017). “Kami bertujuan untuk memberikan pengalaman kelas dunia kepada perusahaan penerbangan yang menggunakan bandara dan penumpang yang mereka bawa,” tambahnya.

Quintiq, pemimpin global dalam perangkat lunak perencanaan dan optimasi rantai pasokan (supply chain planning and optimization – SCP & O) dirasa tepat untuk dioperasikan di Dubai International mengingat bandara ini merupakan bandara tersibuk di dunia untuk penerbangan internasional. Dari 260 bandara yang mencakup 143 airport stands, 561 check-in counters hingga 28 baggage belts, pihak bandara akan memiliki visibilitas sumber daya yang lengkap. Mereka menyesuaikan alokasi ini agar sesuai dengan preferensi maskapai tertentu dan diharapkan di depannya dapat memperlancar arus penumpang.

Penambahan arus jumlah penumpang bukan berarti menomor-duakan kenyamanan para penumpang. Pengalaman indah yang dirasakan oleh para penumpang dan pihak maskapai akan membuat mereka kembali lagi ke bandara tersebut, selama berada di dalam region yang sama. Dengan demikian, akan meningkatkan bagi perusahaan tersebut.

Abdul Razzak Mikati, selaku Managing Director di Dubai International mengatakan biaya investasi di infrastruktur baru amatlah tinggi. “para pelanggan membutuhkan kesiapan di masa yang akan datang, serta solusi untuk masalah industri yang secara efisien mengelola kapasitas sumber daya bandara saat ini,” tuturnya. “Dengan menggunakan Quintiq, kebutuhan akan perencanaan manual telah dieliminasi, sehingga meningkatkan fleksibilitas dan kelancaran operasional,” tambah Abdul.

Baca Juga: 10 Bandara Ini Disebut Sebagai Yang Tersibuk

Abdul Razzak menambahkan bahwa Quintiq juga mampu menangani perhitungan terhadap 40 penerbangan per detik dengan memanfaatkan informasi dari berbagai sumber untuk memperbaiki proses otomasinya.

Kemampuan ini dinilai sangat penting, karena Dubai International melihat peningkatan lalu lintas 7,4% pada kuartal pertama tahun 2017 ini, sementara lalu lintas penumpang naik 29,5% di Dubai World Central pada periode yang sama. Tren meningkat ini diprediksi masih akan terus berlanjut. Maarten Hendriks, Business Unit Director of Transportation di Quintiq mengatakan kesempatan ini merupakan ajang untuk unjuk gigi di sektor yang dikuasai oleh Quintiq, yaitu penerbangan. “Teka-teki perencanaan ini memberi kita kesempatan untuk menunjukkan kemampuan Quintiq di sektor penerbangan. Dengan 1.100 penerbangan setiap hari, efisiensi optimal sangat penting dalam menjaga tingkat kepuasan pelanggan yang tinggi,” tuturnya.

Leave a Reply