Raih Kemenangan Untuk Negara, Paralimpian Justru Dinistakan di Kereta

0
Survana Raj (www.ndtv.com)

Sudah sepantasnya seorang atlet yang memenangkan perlombaan internasional mendapat penghargaan dan perhatian dari pemerintah, terlebih bagi seorang paralimpian (atlet penyandang disabilitas) India Suvarna Raj yang merasakan ketidaknyamanan di kereta. Dilansir KabarPenumpang.com dari ndtv.com (12/6/2017), Raj terpaksa tidur di lantai Garib Rath Express karena tempat tidur di gerbong terlalu tinggi untuknya yang menggunakan kursi roda.

Baca juga: Atasi Lonjakan Penumpang Kereta di Musim Libur, India Siapkan Skema Vikalp

Kejadian ini terjadi satu hari setelah Raj memenangkan pertandingan tenis dan membawa pulang medali untuk negaranya. Raj saat itu merasakan seperti di tolak untuk tidur di tempat yang nyaman dalam kereta padahal dirinya telah meminta berulang kali agar mendapat kenyamanan. Atas kejadian ini, Menteri Perkeretaapian Suresh Prabu langsung memerintahkan penyelidikan atas perlakuan yang diterima Suvarna.

“Saat itu saya meminta bertukar pada penumpang lainnya agar saya bisa mendapatkan tempat tidur yang lebih rendah. Tetapi mereka menolak secara terang-terangan,” ujar Raj.

Survana saat menunjukkan tempat tidurnya di atas (www.ndtv.com)

Tak hanya itu, saat diwawancarai kantor berita ANI, Raj mengatakan dirinya ingin sekali bertemu dengan Menteri Perkeretaapian Suresh Prabu. “Saya ingin bertemu dengan Menteri Suresh Prabu dan menceritakan kepadanya tentang masalah yang harus saya dan penyandang disabibilitas alami saat bepergian dengan kereta api,” tegasnya.

Baca juga: Karena Sapi Dianggap Suci, Penumpang Rela Turun dari Kereta

Setelah itu, kantor berita ANI men-tweet kepada Menteri Suresh Prabu terkait masalah yang dihadapi oleh Raj dan dijawab langsung oleh Suresh melalui akun pribadinya. “Telah memeritahkan penyelidikan dalam masalah ini. Kami serius memastikan kelancaran perjalanan untuk Divyang. Sebagai tanggapan Ms Raj saya tidak ingin penyelidikan apapun. Saya ingin solusi yang permanen dan jelas untuk penyandang disabilitas,” tulis Prabu.

Diketahui, Suvarna Raj sudah menjadi seorang paralimpian selama 12 tahun mewakili India di pertandingan Tenis. Baru-baru ini, Raj memenangkan dua medali di Thailand Para Table Tennis Open tahun 2013. Tak hanya itu kini, Survana juga mewakili partai Yogendra Yadav Swaraj India dalam pemilihan kota baru.

Baca juga: India Hadirkan Kereta Kubah Kaca Untuk Tarik Wisatawan

Selain kejadian yang diterima Raj, otoritas perkeretaapian India juga terlibat dalam kontroversi lainnya dimana beberapa bulan lalu, pengadilan tinggi Bombay menginstruksikan kereta api untuk memberi kompensasi kepada seorang wanita disabilitas yang tidak memiliki kaki saat naik kereta. Keluhan lainnya juga pernah terjadi di maskapai penerbangan. Tahun lalu, Mahkamah Agung memerintahkan maskapai domestik SpiceJet untuk membayar kompensasi Rs10 lakh kepada seorang aktivis Jeeja Ghosh yang menderita celebral palsy dan diturunkan dari pesawat empat tahun lalu.

Leave a Reply