Rajai Pasar Low Cost Carrier, Tigerair Kini Satu Naungan Dengan Scoot

Penggabungan Scoot dengan Tiger Air (www.flyscoot.com)

Scoot, maskapai LCC (Low Cost Carrier) untuk penerbangan jarak jauh yang berada dibawah naungan Singapore Airlines, beberapa waktu lalu mengumumkan bergabung dengan Tigerair untuk menyatukan brand dan lisensi operasi di bawah merek Scoot yang disempurnakan.

Baca juga: Serba Serbi Check In Online di Masing-Masing Maskapai Penerbangan

Dilansir KabarPenumpang.com dari timesofindia.indiatimes.com (2/8/2017), dengan adanya penggabungan merek ini, CEO Scoot, Lee Li Hsin mengumumkan adanya tarif promosi satu arah dari Trichy (India) ke Singapura, Bali, Hong Kong dan Sydney dengan potongan harga tambahan. Lee mengatakan, setelah berhasil memulai operasinya di India tahun 2015 lalu, Scoot siap untuk mengambil destinasi baru yang selama ini dilayani Tigerair.

Rute dan destinasi baru tersebut yakni Bangalore, Hyderabad, Kochi, Trichy dan Lucknow yang sudah dimulai pada 25 Juli lalu. “Scoot sangat yakin untuk memberikan yang lebih baik untuk para penumpang,” ujar Lee.

Dalam penggabungan ini, Scoot akan kembali menambahkan lima destinasi baru pada Juni 2018 mendatang, yakni ke Honolulu, Inggris dan Harbin di Timur Laut Cina. Tiga sisanya adalah destinasi jarak dekat sepeti Kuching dan Kuantan di Malaysia serta Palembang di Indonesia.

Sebenarnya, penggabungan ini sudah dimulai sejak Mei 2016 lalu antara Scoot dengan Tigerair, namun baru terkait pada sistem pemesanan, jadwal dan sambungan penerbangan, jenis pesawat, gerai check ni serta layanan call center. Sehingga akhirnya pada 25 Juli 2017 kemarin Scoot dan Tigerair bergabung dengan satu merek Scoot.

Adapun yang berubah dari penggabungan ini yakni kode penetapan yang dulunya TZ di ganti menjadi TR. Merger ini merupakan bagian dari strategi pertumbuhan jangka panjang serta memungkinkan pengalaman perjalanan yang lebih lancar bagi semua pelanggan.

Baca juga: Ini Uniknya Boarding di Beberapa Maskapai Dunia

Pada penggabungan kedua maskapai LCC ini, jadwal penerbangan akan tetap sama, dimana penerbangan akan sesuai jadwal. Segala macam terkait check in pun tidak dibedakan. Jenis armada yang dioperasikan Scoot yakni pesawat badan lebar Boeing 787 Dreamliner, sementara dari Tigerair ada Airbus 320 yang akan dirubah eksterior serta catnya sesuai dengan ciri khas milik Scoot.