Rayakan HUT Ke-75, PT KAI Berganti Logo yang Terinspirasi dari Rel Kereta

0
Logo baru PT KAI (KAII)

Menjadi salah satu yang terpenting bagi identitas perusahaan, logo kerap kali berubah yang menandakan adanya perubahan baru. Seperti yang dilakukan PT Kereta Api Indonesia (KAI) yang mengubah logonya dengan tujuan untuk mempercepat integrasi bisnis dan menambah fleksibilitas ekspansi bisnis kedepannya.

Baca juga: Ternyata Kereta Api Indonesia Sudah Berganti Logo 3 Kali

Pada Hari Ulang Tahun ke-75 tahun pada 28 September 2020 kemarin, Direktur Utama Didiek Hartantyo mengatakan, perubahan logo ini sebagai langkah transformasi sebuah brand architecture yang efektif. Sehingga hal ini akan menciptakan keterpaduan di dalam KAI Group.

Didiek menyebutkan, logo KAI yang baru ini terinspirasi dari bentuk rel kereta yang digambarkan dengan garis menyambung ke atas pada huruf A. KAI diharapkan terus maju dan menjadi solusi ekosistem transportasi terbaik yang terintegrasi, terpercaya, bersinergi dan kelak dapat menghubungkan Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

“Di samping itu, pergantian logo KAI diharapkan dapat semakin meningkatkan proses komunikasi terhadap semua stakeholders, serta dapat mengefisienkan anggaran. Perubahan logo ini dalam rangka menjawab tantangan yang ada dan selaras dengan visi KAI yang baru yaitu Menjadi Solusi Ekosistem transportasi terbaik untuk Indonesia,” kata Didiek yang dikutip KabarPenumpang.com dari kai.id.

Dengan menggunakan typeface italic yang dinamis dan modifikasi pada huruf A menggambarkan karakter KAI yaitu progresif, berpikiran terbuka, dan terpercaya. Grafik yang tegas namun ramah dengan perbedaan warna pada huruf diharapkan dapat mencerminkan hubungan yang harmonis dan kompeten antara KAI dan seluruh pemangku kepentingan.

Sementara perpaduan antara warna biru tua yang menunjukkan stabilitas, profesionalisme, amanah, dan kepercayaan diri, yang ditambah dengan aksen warna oranye yang menunjukkan antusiasme, kreativitas, tekad, kesuksesan, dan kebahagiaan.

“Semoga dengan logo baru ini memberikan spirit baru bagi KAI untuk mewujudkan visi berlandaskan pada nilai-nilai utama yang baru yaitu AKHLAK: Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif,” kata Didiek.

Baca juga: GoJek Punya Logo Baru, Ungkap Bentuk Universal dari Beragam Solusi

Untuk diketahui, hingga saat ini dengan logo baru, PT KAI sudah mengganti logo sebanyak empat kali di mana yang pertama tahun 1953 hingga 1988, kedua tahun 1988 hingga 1990. Logo ketiga diganti pada 28 September 2011 tepat pada perayaan HUT KAI ke-66 tahun.

Leave a Reply