Rayakan HUT RI Ke-74, PT KAI Gratiskan Seluruh KA Lokal di Jawa Timur

0
KA Penataran, salah satu kereta lokal di Jawa Timur

Tarif nol rupiah atau gratis kembali diberikan PT Kereta Api Indonesia (KAI) bagi para pengguna setianya khusus untuk perjalanan kereta api lokal Jawa Timur. Pemberian tiket gratis tersebut diberikan untuk menyambut HUT ke-74 Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2019 mendatang.

Baca juga: Napak Tilas Jalur Madiun-Ponorogo. Dulu Primadona, Sekarang Menebar Dilema

“Kebijakan promo ini merupakan bentuk partisipasi KAI untuk menyemarakkan HUT ke-74 Kemerdekaan Indonesia dan berlaku untukKA lokal atau komuter PSO bersubsidi dan perintis,” kata Manajer Humas Daop VII Madiun, Ixfan Hendriwintoko yang dikutip KabarPenumpang.com dari kompas.com (14/8/2019).

Tarif nol rupiah atau gratis ini bisa dirasakan penumpang ketika berangkat naik KA Dhoho relasi Blitar-Kertosono-Surabayakota kemudian KA Penataran relasi Surabayakota-Malang-Blitar dan KA Penataran relasi Blitar – Surabaya Gubeng serta kereta ekonomi lokal relasi Kertosono – Surabayakota. Semua kereta api ini nantinya akan melayani pergi dan pulang.

Ixfan mengatakan, untuk menikmati tarif nol rupiah ini, penumpang tetap harus memiliki tiket yang bisa didapatkan di stasiun-stasiun kereta api keberangkatan.

“Meski gratis, masyarakat tetap harus memiliki tiket dengan nominal Rp0 yang bisa didapatkan di loket stasiun keberangkatan secara go show, mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan KA,” kata Ixfan.

Dijelaskan, sepanjang masih tersedia kuota atau kapasitas kursi penumpang, masyarakat masih bisa mendapatkan layanan tersebut. Para pelanggan kereta api diharapkan bisa memanfaatkan fasilitas itu dengan baik.

“Adapun kuota tiket gratis ini sesuai dengan toleransi kapasitas maksimum masing-masing kereta api,” tambah Ixfan.

Sementara itu, bagi penumpang yang sudah memesan tiket dengan tarif normal, bisa menukarkannya dengan tiket gratis. Pengembalian uang tiket, diberikan tenggat waktu hingga tiga hari setelah perjalanan. Bea tiket tersebut bisa diambil di stasiun kedatangan penumpang maksimal tiga hari sejak kedatangan KA. Syaratnya, penumpang harus menunjukkan tiket/ boarding pass/ e-boarding pass ke petugas di stasiun.

Baca juga: Kerjasama dengan Pemprov Jatim, Daop VII Berikan Tiket Gratis Mudik dan Balik Untuk Lebaran 2019

Adapun kereta api lokal yang mengular di Jawa Timur selain yang disebutkan diatas adalah KA Komuter (Surabayakota – Porpng), KRD Bojonegoro (Sidoarjo – Bojonegoro), KA Pandanwangi (Kalibaru – Jember) dan KA Probowangi (Surabaya – Probolinggo). Selain itu KA Jenggala (Sidoarjo – Mojokerto) dan KA Tumapel (Malang-Surabaya Gubeng-Surabaya Kota). Enam KA yang baru disebutkan ini tidak termasuk dalam tiket gratis yang diberikan PT KAI untuk penumpang.

Leave a Reply