Redbus dan Bosbis, Dua Apikasi Pembelian Tiket Bus AKAP Online

0

Aplikasi pemesanan tiket perjalanan bukan hanya untuk moda pesawat ataupun kereta api saja, tetapi bus antar kota antar provinsi (AKAP) juga bisa dipesan melalui aplikasi. Ada berbagai macam aplikasi untuk pemesanan bus AKAP, baik dari Perusahan Otobus (PO) itu sendiri atau aplikasi yang bersinergi dengan berbagai PO masing-masing bus tersebut.

Baca juga: Luxury Class Sleeper Bus PO Harapan Jaya, Fasilitas “Mewah” dengan Harga Terjangkau

KabarPenumpang.com merangkum dari berbagai laman sumber, ada berbagai macam aplikasi untuk pemesanan bus, tapi kali ini yang akan dibahas adalah redBus dan Bosbis. RedBus merupakan pemesanan tiket bus online yang sudah hadir di lima negara lain selain Indonesia yakni Colombia, India, Malaysia, Peru dan Singapura.

Redbus kini menaungi 2.300 operator bus di seluruh dunia, dan di Indonesia sendiri kurang lebih sekitar 100 PO bus yang sudah bergabung dengan redBus. Jumlah 100 ini adalah gabungan dari PO dan travel yang memiliki rute ke berbagai daerah di Indonesia. Cara pemesanannya pun mudah setelah registrasi masukkan tujuan, tanggal dan kemudian cari bus. Setelah memilih bus, pilih tempat duduk, jika belum terdaftar maka peumpang harus mengisi data dan kemudian pilih pembayaran.

Cara pembayarannya pun mudah yakni bisa melalui transfer baik ATM maupun Mobile banking, Alfamart atau kartu kredit. RedBus sendiri hadir di Indonesia sejak tahun 2016 lalu. Untuk melakukan pemesanan redBus sendiri bisa melalui aplikasi atau website. Sayangnya, saat masuk ke dalam aplikasi dan mendaftar, untuk mengisi kelengkapan data agak sulit apalagi saat akan memasukkan email dan tanggal lahir.

Dari komentar di Play Store terlihat para pengguna sangat antusias untuk menggunakan aplikasi ini dan hingga kini belum ada komentar jelek dengan aplikasi redBus sendiri. Untuk pemesanannya sendiri melalui redBus, bisa sekitar satu bulan sebelum keberangkatan.

Tak hanya redBus, aplikasi pemesanan tiket bus online lainnya yakni Bosbis dengan rute sekitar 190-an dengan operator sekitar 120 PO. Untuk metode pembayaranya Bosbis bisa tak jauh berbeda dengan redBus melalui, kartu kredit, ATM, mobile banking, Alfamart ataupun menggunakan aplikasi Doku Wallet.

Pemesanan tiket bus melalui Bosbis paling lambat dua hari sebelum keberangkatan. Cara pemesanannya pun mudah, yakni hampirsama dengan cara memesan di redBus. Bila ada masalah customer service Bosbis siap melayani 24 jam. Sayangnya, banyak komentar buruk dari aplikasi Bosbis, dimana masalah terkait refund atau pengembalian uang, tidak adanya pemberitahuan jika bus yang akan berangkat berubah jadwal higga customer service yang sulit dihubungi pelanggan.

Baca juga: Jauh Sebelum Motobus, Ternyata Sudah Ada Jasa Kirim Motor via Bus AKAP!

Dengan adanya aplikasi bus ini, penumpang tak lagi berurusan dengan calo, tak hanya itu penumpang juga dimudahkan sehingga tidak harus mengantre lama di loket bus. Pembayarannya pun bisa melalui ATM atau cara pembayaran mudah lainnya sehingga tak perlu lagi membawa uang tunai. Uniknya juga, pengguna pemesanan tiket bus online ini sama seperti pengguna kereta dan pesawat yang harus mencetak tiket atau boarding pass sebagai bukti penumpang bus tersebut.

Jadi, masih mau lelah mengantri di loket dan bergaul dengan calo setelah ada pesan tiket bus online?

Leave a Reply