Refund Tiket Kereta di India, Bisa Dilacak Real Time dan Hanya Butuh Proses 5 Hari

Ilustrasi pembatalan tiket di loket (financialexpress.com)

Sering kehabisan tiket kereta saat hari besar atau libur panjang? Mungkin ini sudah biasa terjadi. Tetapi, bagaimana bila seseorang sudah mendapatkan tiket kereta di hari yang diinginkan, ternyata beberapa hari sebelum keberangkatan mendadak tidak bisa pergi pada harinya?

Baca juga: PT KAI Bentuk Tim Posko Pasca Longsor Jalur Kereta Bandara Soekarno-Hatta

KabarPenumpang.com melansir dari laman economictimes.indiatimes.com (17/5/2018), bahwa saat ini penumpang kereta api di India bisa memantau status pengembalian dana tiket mereka yang dibatalkan secara real. Caranya adalah penumpang tersebut bisa melacaknya dengan masuk ke situs web yang baru-baru ini dilucurkan Kementerian Kereta Api India.

Situs web tersebut yakni refund.indianrail.gov.in, dimana untuk melacak uang pengembalian, penumpang hanya memasukkan Passenger Name Record (PNR) atau nomor booking tiket.

“Fasilitas ini untuk mempromosikan transparansi dalam sistem dan sangat membantu bagi mereka yang menunggu pengembalian uang,” kata Director, Publicity, Railway Board Ved Prakash.

Tiket kereta api dapat dibatalkan melalui loket tiket ataupun situs web IRCTC serta melalui nomor pengaduan kereta api India 139. Saat pembatalan tiket secara online,, uang tersebut akan di debitkan ke rekening bank si penmpang dalam durasi waktu lima hari. Sedangkan untuk pembatalan melalui loket, uang tersebut akan di bayarkan dalam tujuh hari.

Baca juga: Mudahkan Penumpang Agar Tak Tertinggal Pesawat, Traveloka Hadirkan Fitur Check In Online

Dengan kemajuan di atas, sekiranya di Indonesia PT KAI bisa mengikuti jejak India dimana penumpang bisa melacak dan mendapatkan pengembalian uang mereka dengan cepat.

Selama ini PT KAI memberikan kemudahan bagi penumpangnya untuk me-refund atau mengembalikan tiket dengan potongan biaya 25 persen. Biasanya sebelum mendapatkan uang mereka kembali, tiket penumpang bisa di ajukan ke loket satu jam sebelum keberangkatan kereta dengan mengisi formulir pengembalian dana.

Namun, uang pengembalian ini bisa didapatkan penumpang yang menggunakan transfer rekening setelah 45 hari kerja, dan pengembalian 30 hari untuk yang diambil di tempat (loket tiket stasiun). Sayangnya, penumpang tidak dapat melacak proses sampai mana uang pengembalian tersebut.