Renault EZ-Pro, Solusi Moda Pengantar Paket dari Masa Depan

Sumber: newatlas.com

Dewasa ini, sudah banyak tanda-tanda kendaraan yang akan menghiasi jalanan di masa yang akan datang – mulai dari kendaraan listrik hingga yang otonom sekalipun. Nah, raksasa otomotif asal Perancis Renault pun mengutarakan pernyataan yang sama, dimana semua kendaraan di masa depan akan bertenaga listrik, saling terkoneksi, dan otonom. Maka rasanya tidak heran jika perusahaan yang didirikan pada 25 Februari 1899 ini sudah mulai menggeliat untuk menghadirkan moda masa depan tersebut.

Baca Juga: Renault EZ-GO, Moda Otonom yang Memiliki Desain Pintu Low Deck Unik

Alih-alih memilih untuk mendesain moda penumpang, Renault lebih memilih untuk mengembangkan kendaraan otonom bertenaga listrik yang berfungsi untuk mengantarkan barang. Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman newatlas.com (20/9/2018), adalah EZ-Pro, pod listrik rilisan Renault yang akan melayani jasa pengiriman berbagai jenis barang – dimana rencana pengembangan ini dibocorkan Renault pada perhelatan Hannover Motor Show, Jerman beberapa waktu yang lalu.

“Renault EZ-Pro mewakili visi kami tentang pengiriman last-mile yang terintegrasi dengan ekosistem kota-kota cerdas masa depan dan berusaha untuk memenuhi kebutuhan para profesional,” ungkap salah satu juru bicara Renault, Ashwani Gupta.

Satu hal yang melatarbelakangi lahirnya Renault EZ-Pro adalah pertumbuhan toko-toko online yang semakin ‘trengginas’. Dimana mereka berkeyakinan bahwa dengan hadirnya EZ-Pro ini, akan sangat berguna bagi pengiriman barang-barang yang dibeli oleh orang-orang secara online. “Hampir dapat dipastikan, setiap hari ada ratusan hingga ribuan paket yang dikirim oleh para penjual di toko online kepada pelanggannya,” tandas Ashwani.

Menilik ke spesifikasi umum dari EZ-Pro sendiri, sebenarnya kendaraan ini terdiri dari beberapa rangkaian yang dipimpin oleh satu kendaraan induk. Kendati semua rangkaian ini bisa berjalan secara otonom, namun Renault bisa saja menambahkan fitur joystick di kendaraan induk, “Jika diperlukan,” terang Ashwani.

Kapasitas barang yang diangkut oleh rangkaian pengikut juga bisa diatur sesuai kebutuhan. Semisal konsumen butuh ruang yang cukup besar untuk mengangkut, semisal, kulkas atau mesin cuci, maka rangkaian pengikut akan dipersonalisasi terlebih dahulu oleh pihak Renault – pun semisal konsumen hanya membutuhkan ruang-ruang kecil untuk mengirim paket dengan ukuran yang kecil pula.

Baca Juga: Luncurkan Electric Vehicle, Renault Janjikan Tempuh 279 Km Sekali Charge

Para penerima paket juga dapat berinteraksi dengan petugas pengantar melalui fitur khusus yang tersemat di dalam kendaraan yang memiliki desain futuristik ini. “Renault EZ-Pro mengutamakan efisiensi dan penghematan biaya di segala sektor – dan yang terpenting, ramah lingkungan karena menggunakan energi listrik.” Tutup Ashwani.