Thursday, June 13, 2024
HomeAnalisa AngkutanRevitalisasi Sungai Han, Pemerintah Seoul Luncurkan Proyek "Kota Sungai" di Tahun 2030

Revitalisasi Sungai Han, Pemerintah Seoul Luncurkan Proyek “Kota Sungai” di Tahun 2030

Ibu kota Korea Selatan, Seoul, akan berubah menjadi “kota sungai” pada tahun 2030, menampung lebih dari 10 juta pengunjung di fasilitas terapung untuk penggunaan sehari-hari di Sungai Han, kata pemerintah kota beberapa waktu lalu. Rencana tersebut mencakup pembangunan hotel terapung, gedung perkantoran, restoran internasional, dan marina perkotaan.

Baca juga: Spektakuler! Inilah 5 Pesiar Sungai Terindah di Dunia

Seperti dikutip The Korea Times (24/4/2024), Walikota Seoul Oh Se-hoon mengadakan konferensi pers di balai kota dan meluncurkan proyek senilai 550 miliar won (US$401 juta) sebagai bagian dari Proyek Sungai Han Besar yang diumumkan pada bulan Maret tahun lalu. Inisiatif ini bertujuan untuk meningkatkan potensi pertumbuhan kota dengan memanfaatkan sungai yang mengalir melalui ibu kota.

Sebanyak 236,6 miliar won dari anggaran kota, bersama dengan pendanaan swasta sebesar 313,5 miliar won, akan diinvestasikan dalam proyek untuk meningkatkan aksesibilitas warga Seoul terhadap aktivitas sehari-hari di sungai.

Fasilitas terapung di sungai ini hanya dikunjungi sekitar 900.000 pengunjung setiap tahunnya, sedangkan taman tepi sungai menerima lebih dari 69 juta pengunjung, menurut pemerintah kota. Rencana tersebut mencakup pembangunan perkantoran dan hotel terapung yang dilengkapi dengan fasilitas akomodasi, rekreasi dan konvensi.

Fasilitas tersebut juga akan menampilkan restoran-restoran internasional, tempat pertunjukan langsung, transportasi air dan layanan tur yang menghubungkan ke berbagai landmark. Pembangunan hotel dan perkantoran rencananya akan dimulai pada tahun 2026. Infrastruktur olahraga air dan rekreasi, seperti taman ski air berbasis kabel, juga akan diperkenalkan. Taman selancar angin di lingkungan tepi sungai Ttukseom di timur Seoul, yang selama ini menjadi atraksi khusus anggota, akan terbuka untuk semua orang.

Kota ini berencana untuk menyelenggarakan berbagai acara budaya di sungai dan program rekreasi, seperti parade perahu dan pemutaran film terapung.

Selain itu, fasilitas marina akan dibangun di wilayah Jamsil dan Ichon di Sungai Han, masing-masing di tenggara dan barat laut Seoul, untuk mengakomodasi 1.000 tempat parkir perahu di sepanjang sungai. Area tersebut saat ini dapat menampung 130 perahu.

Marina Jamsil, yang diharapkan dapat menampung kapal-kapal berukuran sedang hingga besar, dijadwalkan dibuka pada tahun 2026. Di Yeouido, Seoul berencana meluncurkan terminal sungai bernama Pelabuhan Seoul, yang akan menampung feri penumpang berukuran kurang dari 5.000 ton yang beroperasi di sepanjang rute yang menghubungkan Sungai Han ke Laut Barat.

Pada bulan Oktober, kota ini akan membuat dermaga di bagian barat Sungai Han di bawah ujung selatan Jembatan Mapo untuk memfasilitasi pengoperasian kapal feri.

Pemerintah kota memperkirakan proyek ini akan menciptakan dampak ekonomi positif senilai 925,6 miliar won per tahun dan menciptakan sekitar 6.800 lapangan kerja. “Proyek ini akan mengubah Sungai Han menjadi ruang dimana warga dapat menikmati kehidupan sehari-hari mereka,” kata Oh. “Sungai Han akan diubah menjadi ruang sehari-hari bagi warga, pusat rekreasi dan pusat pembangunan.”

Sungai Han memiliki arti penting bagi kota Seoul karena merupakan salah satu elemen penting dalam sejarah, budaya, dan kehidupan sehari-hari penduduk Seoul. Sungai ini membagi kota menjadi dua bagian, yaitu Gangbuk (Utara Sungai Han) dan Gangnam (Selatan Sungai Han), dan menjadi pusat kegiatan sosial, budaya, dan rekreasi.

Sebagai jalur transportasi air tradisional, Sungai Han pernah menjadi arteri perdagangan yang penting bagi kota Seoul. Namun, seiring perkembangan kota, sungai ini juga mengalami degradasi lingkungan dan masalah pencemaran. Meskipun begitu, pemerintah kota dan warga setempat berusaha untuk mengembalikan Sungai Han sebagai aset yang berharga dengan mengadakan program revitalisasi sungai dan meningkatkan kesadaran lingkungan. Sungai Han juga menjadi tempat populer untuk rekreasi, seperti jogging, bersepeda, dan pesta air, serta memiliki jalur pejalan kaki yang indah di sepanjang tepinya.

Atasi Kepadatan Penumpang, Seoul Metro Operasikan Gerbong Kereta Komuter Tanpa Kursi

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru