Rilis Lokomotif Listrik Baru, Bombardier Langsung Teken Kontrak Bersama Mercitalia Rail

0
Bombardier TRAXX DC3. Sumber: railjournal.com

Perusahaan kedirgantaraan dan transportasi multinasional yang berbasis di Montreal, Quebec, Kanada, Bombardier baru saja merilis salah satu mahakaryanya yaitu sebuah lokomotif listrik bernama Bombardier Traxx DC3. Lokomotif anyar dengan segala fitur modern yang tersemat ini ternyata langsung menarik hati beberapa perusahaan, dan salah satu yang paling menunjukkan keseriusannya untuk menimang Traxx DC3 ini adalah operator angkutan barang nomor wahid di Italia, Mercitalia Rail.

Baca Juga: Whoosh! Inilah Lima Kereta Tercepat di Dunia, Proyek di Indonesia Ada di Peringkat Berapa Ya?

Dikutip KabarPenumpang.com dari laman globenewswire.com (21/12/2018), keseriusan Mercitalia Rail untuk memiliki lokomotif listrik terbaru dari Bombardier ini ditunjukkan dengan cara menandatangani kontrak pembelian 40 unit Bombardier Traxx DC3. Tidak berhenti sampai di situ, Mercitalia Rail juga menjalin kerja sama dengan Bombardier untuk pemeliharaan armada selama 16 tahun yang akan dilakukan oleh divisi Bombardier Transportation Italy’s Services.

Jika ditelisik, nominal keseluruhan kerja sama yang dilakukan oleh kedua belah pihak mencapai angka US$249 juta atau yang setara dengan Rp 3,4 triliun kurs sekarang. Harga tersebut mencakup opsi 20 lokomotif tambahan dan layanan pemeliharaan, serta pilihan untuk perawatan delapan tahun tambahan di seluruh armada. Dijadwalkan, pengiriman lokomotif akan dimulai pada kuartal ke VI 2018.

“Kami bangga bahwa Mercitalia Rail, pemimpin pasar di sektor angkutan barang di Italia, telah memilih lokomotif TRAXX DC3 untuk memodernisasi armadanya, dan akan menjadi pelanggan pertama yang mendapatkan keuntungan dari produk inovatif ini,” ucap Luigi Corradi selaku Chief Country Representative Italy Bombardier Transportation.

Baca Juga: Joseph Armand Bombardier – Ketika Minat, Bakat, dan Kegigihan Membuahkan Hasil Manis

“TRAXX DC3 merupakan lokomotif DC paling mutakhir di Eropa. Kontrak kerja sama 16 tahun bersama Mercitalia Rail, yang dikelola oleh divisi layanan kami di Italia akan memastikan ketersediaan armada operasional yang superior,” lanjutnya.

Guna menjamin kelancaran dari TRAXX DC3 yang dipesan oleh Mercitalia Rail, pihak Bombardier lalu melakukan uji coba terhadap lokomotif listrik tersebut pada Senin (12/2/2018) kemarin. Sejumlah lokomotif baru ini digiring keluar dari pabrik perusahaan yang berada di Vado Ligure, dekat Genoa menuju pusat uji coba Osmannoro Trenitalia di dekat Florence. Dikutip dari sumber  lain, adapun lokomotif ini akan melewati uji statis dan dinamis.

Leave a Reply