Robot Akan Mengambil Peran di SPBU Cina Mulai Tahun Depan!

0
Sumber: channelnewsasia.com

Sepertinya invasi robotika di kehidupan dewasa ini semakin menyebar luas. Setelah berhasil menginvasi Bandara Incheon di Korea dengan hadirnya robot pemandu penumpang dan robot pembersih, kini inovasi berteknologi tinggi tersebut mulai merambah ke stasiun pengisian bahan bakar di Cina. Raksasa E-Commerce milik Jack Ma, Alibaba disinyalir akan membangun sebuah stasiun pengisian bahan bakar tak berawak di kota asalnya, Hangzhou.

Baca Juga: Sambut Olimpiade Musim Dingin, LG Hadirkan Dua Robot Canggih di Bandara Incheon

Menurut lansiran KabarPenumpang.com dari laman channelnewsasia.com (10/10/2017), kendaraan yang hendak mengisi bahan bakar di sini akan dilayani oleh lengan robot setelah pelanggan memindai QR code pada mesin yang sudah disediakan. Menurut rencana, stasiun pengisian bahan bakar tersebut akan dibangun pada akhir Oktober mendatang.

Lebih lanjut,pihak  Alibaba mengatakan stasiun pengisian bahan bakar cerdas termutakhir ini akan diluncurkan tahun depan. Tidak hanya mampu mengisi bahan bakar sendiri, stasiun pompa bensin ini juga akan memanfaatkan teknologi yang ada agar mampu secara otomatis merekam dan mengingat informasi tentang pengemudi dan juga mobil mereka. “Sebut saja seperti identitas, model kendaraan, hingga jenis bahan bakar yang digunakan kendaraan tersebut,” ujar salah satu juru bicara dari kelompok yang menyediakan berita dan informasi seputar keuangan dan bisnis melalui beragam media, Caixing.

Langkah ini ditempuh Alibaba sebagai bentuk persaingan sehat dengan Amazaon, pesaingnya dari kubu “Barat” yang sebagaimana diketahui bahwa raksasa E-commerce asal Amerika yang berbasis di Seattle tersebut berencana untuk menggunakan data konsumennya untuk menyediakan rangkaian layanan yang terhubung kembali ke merek yang barangnya dijual.

Sumber: digitaltrends

Bisa dibilang, Alibaba bukanlah perusahaan pertama yang menyediakan inovasi seperti ini di dunia. Jauh sebelum mereka merencanakan untuk membangun stasiun pengisian bahan bakar otomatis ini, Husky Corporation and Fuelmatics AB memamerkan Automatic Refueling System pada Januari 2014 silam. Adapun tujuan dari Husky Corporation and Fuelmatics AB menghadirkan mesin pengisian bahan bakar otomatis ini adalah untuk memangkas waktu pengisian bahan bakar hingga 30 persen dan juga untuk menjamin kebersihan tangan Anda sendiri. “Anda tidak perlu lagi bersentuhan dengan selang nosel yang kotor,” ungkap Sten Corfitsen dari Husky Corporation and Fuelmatics AB.

Baca Juga: Media Kiosk, Vending Machine Mutakhir Yang Dipasang di Pra-Sarana Transportasi

Sistem ini dirancang untuk mobil yang menggunakan cap-less fuel filler neck, seperti yang kebanyakan ditemui di kendaraan Ford modern. Sistem berbasis vakum ini juga akan berbunyi saat pengisian tangki sudah penuh.

Leave a Reply