Robot Hidrogen Peroksida Vapourised Bantu Bersihkan Kereta dan Stasiun MTR Hong Kong

0
Robot Hidrogen Peroksida Vapourised (railwaygazette.com)

Tak cukup hanya dengan staf yang melakukan pembersihan kereta secara menyeluruh. MTR Corp Hong Kong menggunakan Robot Hidrogen Peroksida Vapourised (VHP) otomatis untuk membantu dalam pembersihan menyeluruh dan dekomentasi kereta serta area stasiun.

Baca juga: Enam Jenis Robot Beroperasi di Stasiun Gateway Takanawa

Robot ini secara otomatis akan menyemprotkan larutan Hidrogen Peroksida yang diatomisasi ke konsentrasi tertentu untuk memastikan desinfektan menembus celah kecil yang sulit dijangkau selama staf melakukan pembersihan normal. Dilansir KabarPenumpang.com dari laman railwaygazette.com (11/3/2020), robot VHP merupakan hasil dari proyek bersama antara MRT Corp dengan perusahaan bioteknologi Avalon Biomedical.

Cara kerja robot ini pun tak terlalu sulit, dimana operator dapat mengatur robot untuk beroperasi secara otomatis di denah lantai dari area yang ditentukan. Selain itu juga dapat menggunakan perangkat seluler untuk mengontrol robot dari jarak 20 meter.

Dalam membersihkan kereta dengan delapan mobil menggunakan mode otomatis membutuhkan waktu sekitar empat jam. Jika ada situasi pembersihan khusus, seperti penumpang muntah di kereta, staf MTR dapat menggunakan Robot VHP untuk melakukan pembersihan mendalam dengan air pemutih yang diencerkan.

Robot itu juga dikirim untuk mensterilkan area belakang rumah di stasiun Mong Kok East, termasuk staf ruang ganti, toilet dan ruang mess serta lift penumpang, setelah anggota staf didiagnosis dengan Covid-19. Kolaborasi antara MTR dan Avalon juga mencakup pengenalan fasilitas manufaktur khusus yang dapat menghasilkan masker wajah bedah yang mampu memblokir partikel PM 2·5 menggunakan teknologi nanofibre yang dikembangkan oleh Hong Kong Polytechnic University.

Peralatan telah dikirim ke MTR dan pengaturan ruang produksi bersih sedang berlangsung. Produksi diharapkan akan dimulai pada paruh kedua tahun ini paling awal, dengan manufaktur memenuhi tingkat konsumsi harian staf MTR. MTR dan Avalon juga menguji penggunaan teknologi penyaringan nano-air untuk lebih meningkatkan kualitas udara stasiun.

“Kami sepenuhnya memahami kekhawatiran penumpang kami tentang kebersihan di lingkungan perjalanan mereka, terutama di tengah wabah Covid-19 saat ini,” kata Direktur Operasi MTR Corp, Dr Tony Lee pada 11 Maret.

Baca juga: Restoran di Stasiun Higashikoganei Punya Robot yang Bisa Buat Mie Soba

“Sementara MTR telah memperkuat pekerjaan pembersihan dan disinfeksi secara komprehensif di jaringan kereta api, kami juga terus secara aktif mengeksplorasi peningkatan yang layak. Kami berencana untuk mengerahkan total 20 robot VHP untuk pembersihan kereta di depo dan berharap ini membantu memastikan kenyamanan perjalanan para penumpang dengan memberikan perlindungan kesehatan yang semakin besar bagi kolega dan pelanggan kami,” tambahnya.

Leave a Reply