Roma Bakal Terima 100 Bus Listrik Hibrida Citaro dari Mercedes-Benz

0
Bus hibrida Citaro dikirim Mercedes-Benz ke Atac di Roma (greencarcongress.com)

Perusahaan transportasi asal Roma, Atac, akan menerima 100 bus unit hybrid Mercedes-Benz Citaro. Bus kota akan dikirim dalam tiga bagian antara Juni dan musim gugur tahun ini. Bus ini adalah bagian dari program investasi ambisius untuk memodernisasi armada bus perusahaan transportasi di ibu kota Italia.

Baca juga: Inilah Citaro, Primadona Bus Listrik Besotan Mercedes Benz

Salah satu tujuan penggunaan bus hybrid adalah mengurangi emisi polutan secara signifikan. Pesanan besar saat ini menandakan kembalinya EvoBus Italia ke ibu kota. Saat ini perusahaan telah memasok bus ke Atac tipe 450 Citaro antara tahun 2001 dan 2005.

KabarPenumpang.com mengutip greencarcongress.com (9/6/2021), bus hibrida Citaro mengurangi konsumsi bahan bakar dan emisi hingga 8,5 persen jika dibandingkan dengan bus kota konvensional dengan bahan bakar minyak. Modul hybrid kompak membantu mesin diesel rendah emisi. Motor listrik mengubah energi menjadi listrik saat kendaraan meluncur atau mengerem yang disimpan dalam supercaps berkinerja tinggi.

Motor listrik membantu mesin pembakaran saat bus menjauh. Hibrida Citaro juga dilengkapi dengan intelligent eco-steering, sistem kemudi elektrohidraulik. Ini beroperasi dengan cara yang dioptimalkan untuk kebutuhan dan juga membantu mengurangi konsumsi bahan bakar dalam transportasi kota setempat.

Kendaraan baru dicat merah dan memiliki tulisan di papan elektrik yang membentang di sekitar bagian atas bus bertuliskan “+ Bus x Rom + Bus x Rom” yang berarti “lebih banyak bus untuk Roma”. Bus solo untuk Atac dilengkapi dengan dua pintu penumpang dan sepenuhnya ber-AC.

Kaca pelindung pintu kabin pengemudi mencegah kontak dekat antara penumpang dan pengemudi yang melindungi pengemudi dari infeksi. Sistem pendingin udara dan rumah pendingin udara dilengkapi dengan filter aktif anti-virus. Sistem CCTV menyediakan keamanan di dalam pesawat dan sistem penghitungan mencatat jumlah penumpang.

Kendaraan ini juga dilengkapi dengan pengawasan GPS dan sistem telematika yang membantu manajemen armada. Atac berencana untuk memodernisasi sepuluh persen armada bus kotanya setiap tahun. Emisi dari 100 bus hibrida Citaro lebih rendah dari yang diizinkan oleh standar emisi Euro VI yang ketat saat ini.

Bus tersebut menggantikan kendaraan Euro-III yang telah beroperasi selama lebih dari sepuluh tahun. Atac (Azienda per i Trasporti Autoferrotranviari del comune di Roma) adalah perusahaan transportasi kota nomor satu Italia dan salah satu perusahaan terbesar dari jenisnya di Eropa.

Baca juga: Penglaris, Hamburger Hochbahn Kedatangan Mercedes-Benz eCitaro Perdana!

Selain jaringan bus yang luas di Roma, Atac mengoperasikan trem, tiga jalur kereta bawah tanah, dan rute kereta api di pinggiran kota. Kendaraan berangkat dari 320 pemberhentian bus terakhir dan stasiun dan mencakup sekitar 8500 pemberhentian. Perusahaan juga mengoperasikan parkir mobil dengan ruang untuk sekitar 70 ribu kendaraan.