Saat Pesawat Lepas Landas, Mobil Van Melaju di Landasan Pacu dengan Tenang

(www.businessinsider.com)

Melintasi landasan pacu dengan mobil van adalah satu tantangan besar, apalagi jika ladasan pacu tersebut sangat sibuk untuk aktivitas penerbangan. Tapi bagaimana bila untuk mempercepat waktu, sebuah mini van melintas landasan pacu demi sampai ke tempat acara tepat waktu meski nyaris tertabrak pesawat yang hendak lepas landas?

Baca juga: Landas Pacu di Bandara ini ‘Dipotong’ oleh Jalur Kereta!

Ini belum lama terjadi dan dilansir KabarPenumpang.com dari laman businessinsider.sg (15/8/2018), bahwa kejadian tersebut terjadi pada 27 Juni 2018 kemarin sekitar pukul 12.50 waktu setempat. Pengemudi van yang tidak disebutkan namanya tersebut saat itu tengah membawa dua orang General Aviation untuk diantar ke acara barbekyu karyawan bandara.

“Saya memutuskan menyeberang melalui landasan pacu, karena membuatnya lebih cepat sampai ke tujuan,” ujar si pengemudi.

Bahkan dia mengaku sebelum melintas landasan pacu sempat menelepon pihak ATC dan berbicara pada operator yang mengurusi runway 20 dan 14. Dengan yakin karena sembari melihat kanan kiri, dan petugas pun tidak ada yang mengatakan akan ada pesawat lepas ladas.

“Sekitar separuh jalan, ternyata di landasan pacu 13, penumpang yang duduk di kursi depan kaget dan melihat keluar jendela pendumpang kanan ada lampu lepas landas menyala. Saya melaju di landasan dan mendengar pesawat terbang diatas kami meninggalkan landasan pacu,” kata pengemudi van itu.

Dalam video tersebut, mobil van sudah menyeberang dan pesawat baru mulai lepas landas dengan bagian depan terangkat. Diketahui pesawat yang hampir bertabrakan dengan mobil van tersebut adalah Embraer 145 yang dioperasikan oleh maskapai penerbangan Envoy Air-American Airlines dengan 57 penumpang.

Baca juga: Gegara Ada Kawanan Sapi di Landasan, Manager Bandara di Nigeria Diganjar Skorsing

“Saya bertanya, apakah ada penumpang lain yang mendengar bahwa runway 14 dikosongkan? Kemudian keduanya menyatakan bahwa telah membersihakn runway 14 untuk kami,” kata pengemudi itu lagi.

Meski baru melalui peristiwa yang menegangkan, tetapi para petugas General Aviation tersebut tetap mengikuti pesta dan pengemudi segera melaporkan kejadian itu pada pengawas operasi bandara. Atas kejadian ini belum jelas apakah pengemudi dan operator kontrol daratt akan dihukum atas insiden tersebut.