Sah! Bandara Internasional Narita Perpanjang Durasi Pengoperasian Landas Pacunya

Bandara Internasional Narita. Sumber: MATCHA

Bandara Internasional Narita di Jepang telah mengumumkan rencana untuk memperpanjang jam operasional salah satu landasan pacunya. Upaya ini ditempuh dalam rangka efisiensi operasional untuk take-off dan landing pesawat-pesawat dengan rute penerbangan menuju Negeri Sakura. Menurut rencana, landas pacu utama di Bandara Internasional Narita ini akan beroperasi hingga tengah malam, terhitung sejak bulan Oktober 2018 kemarin.

Baca Juga: Baru Pertama ke Tokyo? Jangan Bingung, Ikuti Tips Ini Agar Tidak Keder!

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman airport-technology.com (29/1/2019), penerapan kebijakan baru ini memungkinkan bandara unuk menerima para delegasi Olimpiade dan Paralimpiade Musim Panas 2020, dimana Jepang terpilih menjadi tuan rumah dari perhelatan olahraga akbar ini.

Proposal mengenai perpanjangan masa pengoperasian dari landas pacu ini juga telah disetujui oleh kota Yokoshibahikari dan kota Sammu di Prefektur Chiba, bersama dengan sembilan kota tetangga.

“Tidak bisa dihindari. Saya akan mencoba menjelaskan sejumlah hal kepada penduduk di kota terkait perpanjangan durasi pengoperasian landas pacu ini,” tutur Walikota Yokoshibahikari, Haruhiko Sato.

Sebelumnya, warga yang tinggal di sekitar landas pacu sempat menentang kebijakan perpanjangan durasi landas pacu ini dengan alasan kenyamanan. Namun setelah melewati sejumlah negosiasi hingga menemukan kesepakatan, akhirnya warga tersebut mengijinkan pihak bandara untuk menerapkan kebijakan tersebut – dengan jaminan pengurangan tingkat kebisingan yang dijanjikan oleh pihak bandara.

Adapun perjanjian hitam di atas putih ini akan sesegera mungkin ditandatangani oleh sembilan kota tersebut, kementerian infrastruktur, dan tentu saja Bandara Internasional Narita tentang perpanjangan durasi pengoperasian landas pacu sepanjang 4.000 meter ini.

Data resmi pada tahun 2016 menunjukkan bahwa Bandara Internasional Narita mengelola hampir 50% dari lalu lintas penumpang internasional di negara itu dan 60 persen dari lalu lintas kargo udara internasionalnya. Guna mengantisipasi peningkatan jumlah penumpang yang diperkirakan akan terus mengalami peningkatan di masa yang akan datang, Bandara Internasional Narita berencana untuk membangun landas pacu ketiganya pada tahun 2020 mendatang.

Baca Juga: Pasar LCC Meningkat, Bandara Internasional Narita Siap ‘Upgrade’ Kapasitas Terminal 3

Bandara Internasional Narita sendiri berperan sebagai hub dari Japan Airlines, All Nippon Airways (ANA), dan Nippon Cargo Airlines. Selain itu, sejumlah maskapai berbiayta rendah seperti Jetstar Jepang, Peach dan Vanilla Air juga menggunakan bandara ini sebagai hub mereka.

Dengan diperpanjangnya durasi pengoperasian landas pacu Bandara Internaisonal Narita ini, bukan tidak mungkin jika flag carrier Garuda Indonesia akan meningkatkan jumlah penerbangannya menuju bandara tersebut.