Sajikan Hidangan Hangat dan Bersih, Stasiun Central Mumbai Hadirkan Mesin Penjual Makanan Otomatis

mesi penjual otomatis di Stasiun Central Mumbai (timesofindia.indiatimes.com)

Menikmati perjalanan dengan kereta api India yang dioperatori Indian Railways, penumpang akan dihadirkan hal baru pada stasiun. Hal tersebut adalah sebuah vending machine atau mesin penjual otomatis yang hadir di Stasiun Central Mumbai, India.

Baca juga: Grab Bermitra dengan Cargo, Hadirkan ‘Kotak Penjual’ Kebutuhan Penumpang

Mesin otomatis ini akan menyajikan makanan segar untuk dibeli penumpang dan lebih terjamin kebersihannya. Hadirnya mesin penjual otomatis ini merupakan sebagian ide dari Indian Railway Catering dan Tourism Corporation (IRCTC) dengan menginstal dari GEN NX-Food Vending Court yang menjadi pilihan masyarakat.

KabarPenumpang.com melansir dari laman timesofindia.indiatimes.com (5/11/2018), IRCTC sendiri untuk menghadirkan makanannya bekerja sama dengan Bueno Insta Pizza Pvt Ltd atau yang dikenal dengan YESS PIZZA dan Ms Owl Tech Pvt Ltd atau FRSHLY. Juru bicara IRCTC mengatakan, mesin penjual otomatis ini sendiri bekerja dengan prinsip 3Fs yakni fresh, fast and fun.

Sehingga penumpang meskipun membeli dari mesin penjual otomatis, makanan yang di dapat juga masih segar seperti memesan langsung di outlet atau gerai makanan. Outlet mesin otomatis ini akan beroperasi mulai pukul 7 pagi hingga 11 pagi waktu setempat.

YESS PIZZA akan menyajikan makanan cepat saji seperti pizza dengan roti tipis, kentang goreng, pop corn, es krim dan jus buah segar dari bagian mesin mereka. Pusat daya tarik adalah mesin pembuat pizza di mana pelanggan dapat memilih topping dan melihat seluruh proses langsung dari pencampuran adonan sampai pengeluaran pizza terakhir dalam rentang waktu lima menit.

Ukuran pizza yang dibagikan akan sekitar 10,5 inci dan harganya akan berada di kisaran Rs150-300 atau setara dengan Rp30 ribu-60 ribu. Makanan lainnya seperti jus, kentang goreng, es krim dan pop corn akan ditawarkan dalam kisaran harga di bawah Rs100.

Baca juga: Mesin Tiket Otomatis Tak Berfungsi, Penumpang Kereta di Chennai Harus Antre

Sedangkan FRSHLY akan melayani makanan kemasan merek populer di Mumbai dari mesin yang sepenuhnya otomatis dengan sentuhan tombol. Makanan yang baru disiapkan secara hati-hati dikemas dan dihadirkan di mesin otomatis setelah mengkodekannya dengan waktu simpan 6-8 jam. Makanan segar ini akan diganti dua kali sehari, tepat sebelum makan siang dan makan malam.

Mekanisme canggih dari mesin, yang dikendalikan iklim merasakan kesegaran makanan sesuai dengan umur simpan dan mengelola persediaan. Mesin ini dilengkapi dengan lengan robot untuk menyerahkan baki makan secara otomatis dan perangkat reheating berkecepatan tinggi untuk menyajikan pemanggangan makanan panas.