Saking Nyamannya, 9 Bandara Ini Buat Penunjungnya Lupa Pulang

Toko buku Powell's di Bandara Internasional Portland

Anggapan orang tentang bandara sebagak tempat yang membosankan telah pupus seiring adopsi konsep airport city dan airport mall. Pasalnya, kenyamanan, kelengkapan dan fasilitas bandara kini telah dibuat setara atau bahkan melebihi dari mall yang ada di pusat kota sekalipun. Alhasil banyak bandara kini berperan ekstra sebagai lokasi wisata belanja dan hiburan.

Baca juga: Lima Bandara Ini Punya Jalur Kereta Terbaik

KabarPenumpang.com merangkum dari nationalpost.com (28/8/2017), ada sembilan bandara yang membuat Anda ingin berlama-lama. Sebab, biasanya di bandara ini memberikan fasilitas seperti bioskop, kolam renang, ruang seni dan musik, tempat golf, tur gratis keliling bandara dan hal lainnya yang bisa membuat Anda lupa bila ingin kembali ke negara asal.

1. Bandara Changi Singapura
Changi mendapat pengharagaan tertinggi dan menjadi alasan yang baik untuk dipilih menjadi tempat mengasyikkan. Bandara ini memiliki kolam renang di bagian atasnya dan ada jacuzzi yang berada di Aerotel Airport Transit Hotel. Biasanya pengunjung yang bukan tamu hotel akan dikenakan US$12. Tak hanya berenang, Anda juga bisa mengelilingi kebun yang memiliki banyak tema yang bisa ditemukan di beberapa konsevatorium seperti taman bar kaktus, taman bunga bakung, taman anggrek dan taman kupu-kupu. Adapula bioskop 24 jam, area hiburan dengan Xbox 360 dan Kinect, taman bermain anak seperti slide tertinggi di Singapura dengan tinggi empat lantai dan tempat spa. Biasanya untuk penumpang transit yang lebih dari lima setengah jam akan rela menggunakan fasilitas ini.

Slide dengan ketinggian empat lantai di Changi Singapore Airport

2. Bandara Internasional Hong Kong
Melengkapi dirinya dengan Imax 3D dan 2D di Terminal 2 dengan daya tampung hingga 350 orang, ini menjadi teater terbesar di Hong Kong. Pegolf berada di GreenAir yang menawarkan permainan dengan 18 lubang. HKIA sendiri dilengkapi dengan “Dream Come True Education Park” untuk tempat anak-anak belajar pekerjaan profesional seperti dokter, pilot dan polisi. Disini anak-anak bisa menjadi pekerja profesionalnya dengan menggunakan seragam masing-masing profesi. Selama masa transit, Anda bisa berjalan-jalan di kebun mini, bagi pengunjung perempuan bisa merasakan fasilitas salon manikur, pedikur dan potong rambut hingga mandi. Untuk penyuka benda-benda langit, ada teropong di dek langit luar untuk melihat pesawat saat lepas landas atau mendarat. Bandara ini memiliki ratusan toko dengan merek terkenal dan pilihan restoran dengan berbagai makanan.

3. Bandara Internasional Incheon
Ice skating, bisokop, berbagai taman, area untuk tidur siang, driving range, lapangan golf dan binatu hadir di bandara Korea Selatan ini. Di Incheon juga menampilkan pertunjukkan lagu, tarian, konser musikal dan proses sejarah untuk menghormati keluarga kerajaan Dinasti Joseon yang pernah memerintah Korea. Wiasatawan juga bisa membuat souvenir unuk dibawa pengunjung. Bandara ini juga di lengkapi dengan rumah sakit dan klinik gigi.

4. Bandara Munich
Bandara yang ada di Jerman ini, saat Oktober fest bisa mengumpulkan banyak pengunjung. Apalagi kota Munich terkenal dengan tempat pembuatan bir nya. Airbräu adalah restoran dan taman bir yang menyajikan bir buatan mereka sendiri. Wisata pembuatan bir bisa terjadi bila ada permintaan. Bila Anda datang pada waktu yang tepat, biasanya akan merasakan hiburan langsung dan bisa melihat langsung pesawat lepas landas dan mendarat di sudut tertentu bandara ini. Ada pula teras dan dek observasi serta Visitor’s Park dengan memberikan tampilan taman bermain, lapangan golfm simulator penerbangan, dan pameran interaktif.

5. Bandara Amsterdam Schipol
Memiliki perpustakaan permanen pertama di dunia ini, membantu pengunjung untuk mengakses buku-buku yang dimiliki. Koleksi perpustakaan ini ada 1200 buku, dilengkapi dengan iPads yang penuh dengan musik. Bandara ini juga memiliki ruang pameran seni dan budaya mini. Selama berada di terminal, Anda bisa menemukan taman indoor dengan kicauan burung pipit, ruang hijau, kursi santai. Dilengkapi dengan lounge yang memberikan jaringan internet dan komputer desktop yang bisa digunakan dengan biaya tambahan. Toko souvenir, pakaian pria Belanda Suitsupply, restoran, pusat meditas dan penjual bunga tulip. Bandara ini bisa ditempuh sekitar 20 menit dari kota dengan kereta api.

Amsterdam Schipol Airport

6. Bandara Internasional Vancouver
Selain karya seni yang dipajang di bandara, Vancouver juga memiliki aquarium yang berisikan lebih dari 5000 makhluk laut. Bandara Kanada ini memiliki tempat berolahraga dan berenang tepatnya di Fairmont Vanccouver Airport Health Club.

Aquarium dengan isi 5000 mahkluk laut di Bandara Vancouver

7. Bandara Internasional Portland
Memberikan suasana nyama dengan bioskop yang hanya berisi 17 kursi. Ada juga buku-buku yang bisa di baca di Powell’s Book dan pertunjukkan musik live. Bandara ini juga menyediakan gerai makanan lokal dan minuman termasuk kopi Stumptown Roasters dan toko Made in Oregon.

8. Bandara Internasional San Francisco
Bandara SFO memiliki dua studio yoga, pilahan tur dengan pemandu yang bisa Anda pilih sendiri, ruang meditasi, area bermain anak, perpustakaan dan museum. Ada bar anggur dengan berbagai pilihan dengan botol yang bisa Anda bawa pulang.

Baca juga: Dengan Canopy Park, Bandara Changi Siapkan Atraksi Spektakuler

9. Bandara Internasional Chicago O’Hare
Berbagai restoran ada di ORD, koktail dan gastroupun, pecinta tortas dan margarita juga bisa menuju Tortas Frontera. Pelancong yang ingin merasakan masakan Chicago bisa mampir di Garrett Popcorn untuk mendapatkan campuran keju dan karamel.