Salip Ketertinggalan, Bandara Soekarno-Hatta Pekerjakan Robot Canggih

0
Robot Dilo. Sumber: tribunnews.com

Jika selama ini Anda hanya membaca berita tentang era robotika dari bandara-bandara di luar negeri saja, kini Indonesia juga telah memiliki salah satu dari tenaga yang diproyeksikan untuk mengganti tenaga manusia ini. Adalah Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang sudah mulai mempekerjakan robot di Terminal 3 miliknya. Tercatat sejak bulan Agustus lalu, Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta sudah mulai mengoperasikan robot pembersih yang bernama Robotic Scrubber Drier (RSD). Namun tidak hanya RSD saja yang dioperasikan oleh Angkasa Pura II, melainkan ada juga Robot Dilo.

Baca Juga: Geser Yang “Manual,” Selamat Datang Era Robotika di Bandara

Dirangkum KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber, Robot Dilo ini lebih menyandang peran sebagai pelayan calon penumpang. Selayaknya berkomunikasi dengan manusia, Robot Dilo ini juga bisa diajak berinteraksi semisal Anda tersesat atau memiliki pertanyaan.

“Robot ini dapat membantu penumpang pesawat memberikan petunjuk atau informasi seputar bandara. Lebih dari itu, Dilo juga memiliki fitur multimedia (musik, video, dokumen) sehingga dapat juga menghibur traveler di terminal,” kata Agus Haryadi, Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta.

Siapa sangka, nama robot ini merupakan singkatan dari Digital Lounge. Digital Lounge sendiri merupakan fasilitas terbaru yang mampu berinterasi dengan penumpang seperti memberikan petunjuk seputar informasi di bandara. Baik tentang jadwal keberangkatan hingga keterlambatan pesawat.

Bagi Anda yang hendak bertemu dengan Robot Dilo ini, Anda cukup bertolak ke area Digital Lounge dan di sana Anda akan melihat sebuah robot mini yang mondar-mandir guna mencari penumpang yang membutuhkan bantuannya. Sudah barang tentu kehadirannya mencuri perhatian banyak orang, terutama bagi anak kecil yang ‘kepo’ dengan teman main barunya itu.

Baca Juga: Ini Dia Troika! Robot Canggih di Bandara Incheon, Korea Selatan

Guna mengobati rasa penasaran, kontributor KabarPenumpang.com mencoba untuk berkeliling di sekitaran Terminal 3 untuk mencari keberadaan dari Robot Dilo ini, namun benar apa yang sudah disebutkan di atas, Robot Dilo hanya ‘patroli’ di sekitaran Digital Lounge saja.

Leave a Reply