Tuesday, April 16, 2024
HomeHot NewsSambut G20, Rangkaian Kereta Api Ini Sampai Ikutan ‘Ganti Baju’

Sambut G20, Rangkaian Kereta Api Ini Sampai Ikutan ‘Ganti Baju’

Ada yang berbeda dari rangkaian Kereta Api Argo Bromo Anggrek rute Surabaya – Jakarta Gambir hari ini, Kamis (17/2). Sekilas terlihat memang biasa saja, menggunakan lokomotif CC 206 dengan rangkaian eksekutif berdinding stenlees steel. Namun bila dilihat seksama, biasanya rangkaian ini menggunakan livery eksekutif yaitu garis bergelombang. Tapi rangkaian tersebut menggunakan livery layaknya KRL batik yang berada di jalur Solo – Yogya.

Baca juga: Mobil Listrik GATe Rancangan UGM akan Digunakan di Bandara dan Event G20 Bali

Ya, rangkaian Kereta Api Argo Bromo Anggrek ini menggunakan livery khusus menyambut G20 Indonesia. Seperti diketahui bahwa Tahun 2022, Indonesia secara resmi memegang Presidensi Group of Twenty (G20) selama setahun penuh.

Artinya, Indonesia akan menjadi tuan rumah bagi penyelenggaraan perhelatan yang dimulai dari 1 Desember 2021 hingga KTT G20 di November 2022. Serah terima presidensi dari Italia, selaku Presidensi G20 2021 kepada Indonesia, sudah dilakukan secara langsung pada 31 Oktober 2021 di Roma, Italia.

KA Argo Bromo Anggrek merupakan rangkaian pertama yang menggunakan livery G20 Indonesia. Walaupun belum sepenuhnya rangkaian tersebut diganti livery, setidaknya sudah terlihat nantinya beberapa rangkaian lain akan diganti selama G20 Indonesia berlangsung.

Tak banyak yang menyanjung karena ini mendapatkan momen tersebut untuk diabadikan dengan kanera, tak banyak pula yang kecewa akan livery tersebut. Penggemar kereta api sempat kurang setuju dengan livery tersebut karena kurang cocok dengan penempatan pada kereta stenlees steel dan kurang simetris. Rangkaian yang baru terpasang di KA Argo Bromo Anggrek livery G20 Indonesia bernomor K1 0 18 01 JAKK dan K1 0 18 07 JAKK.

Namun begitu livery G20 Indonesia akan terus dipasang ke beberapa rangkaian terutama pada kelas eksekutif dan ekonomi premium jarak jauh. Livery dengan motif seperti batik merah dengan warna dasar putih dan berlogo KAI dibagian ujung livery, membuat rangkaian terlihat lebih cerah dan unik. Tak lupa pada rangkaian tersebut tertulis dengan mengusung tema “Recover Together, Recover Stronger”. Dikutip dari situs Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, melalui tema ini, Indonesia mengajak seluruh dunia untuk bersama-sama mencapai pemulihan yang lebih kuat dan berkelanjutan.

Baca juga: Puji UMKM di Indonesia, Ratu Maxima Sebut GoJek dalam KTT G20 Roma

Semakin terintegrasinya perekonomian global, keberhasilan penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi di suatu negara tidak akan dapat bertahan lama apabila tidak diikuti oleh keberhasilan yang sama di negara-negara lain. (PRAS – Cinta Kereta Api)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru