Sambut Mudik Lebaran, PT KAI Luncurkan Kereta Sleeper “Luxury 2” Generasi Baru

0
(Kompas.com)

Wow, bisa saja menjadi kata yang pertama kali keluar dari mulut penumpang atau orang awam setelah melihat kereta baru dari PT Kereta Api Indonesia (KAI). Hal ini karena, kehadiran kereta sleeper jenis terbaru untuk mudik Lebaran 2019.

Baca juga: Capai Okupasi 60 Persen, Luxury Sleeper Train PT KAI Terbukti Diminati Penumpang

Kereta sleeper ini dinamakan Luxury 2 dengan menghadirkan kesan elegan dimana kabin kereta dilapisi vinyl dan seluruh lantai berbalut dengan karpet. Fasilitas penumpang terlihat mewah dan elegan serta berbeda dari pendahulunya kereta sleeper luxury pertama.

Sebab kereta ini menghadirkan dua baris kursi elektrik yang bisa direbahkan hingga 140 derajat dan diputar 180 derajat serta ada penambahan kaki seperti kelas bisnis di pesawat. Satu gerbong kereta Luxury 2 berisikan 27 kursi (konfigurasi 2 – 1) yang juga dilengkapi dengan televisi, USB port untuk pengisian baterai pinsel dan train attendance button serta lampu baca.

Tak hanya itu, PT KAI juga memberi tambahan bantal, selimut, handuk wajah, makanan serta minuman sepanjang perjalanan penumpang. Berbeda dari sebelumnya, selain jumlah kursi, di kelas ini pun ada tambahan mini bar di dalam gerbongnya. Sehingga penumpang bisa menikmati makanan ringan dan minuman sepuasnya yang dilayani oleh pramugari cantik.

Adapun alasan Luxury 2 diluncurkan diungkapkan Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro karena tingginya peminat kereta sleeper pada musim mudik Lebaran tahun 2018 lalu. Kereta Luxury 2 tersebut merupakan generasi terbaru kereta Luxury yang telah KAI rilis pada tahun 2018 lalu.

Terkait rute keberangkatan, kereta Luxury 2 dirangkaikan pada KA Argo Lawu rute Gambir – Solo Balapan pulang pergi (PP), KA Argo Dwipangga rute Gambir-Solo Balapan PP, KA Taksaka rute Gambir-Yogyakarta PP dan KA Gajayana rute Gambir-Malang PP.

“Minat masyarakat untuk menggunakan kereta Luxury generasi pertama sangat positif. Rata-rata okupansi kereta Argo Bromo Anggrek Luxury (rute Gambir-Surabaya Pasar Turi) mencapai 108 persen,” ungkap Edi Sukmoro yang dikutip KabarPenumpang.com dari kai.co.id (26/5/2019).

Tingginya peminat kereta model sleeper, PT KAI membuka penawaran tarif tiket istimewa, yakni sebesar Rp750 per orang untuk keberangkatan 26 Mei 2019 hingga 26 Juni 2019. Pemesanan dapat dilakukan di aplikasi KAI Access, Website KAI, dan seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya.

Baca juga: Hadirkan Sleeper Train, Siapkah PT KAI Hapus Bayangan “Masalah” Sosial KA Bima?

“Kereta Luxury 2 merupakan bentuk inovasi KAI untuk meningkatkan layanan dan kenyamanan bagi pengguna KA. Kereta ini hadir untuk menjawab antusiasme masyarakat untuk menggunakan kereta dengan pelayanan istimewa. Dengan adanya Kereta Luxury 2 ini, kami berharap masyarakat dapat merasakan sensasi naik kereta dengan tingkat pelayanan dan kenyamanan yang lebih eksklusif,” jelas Edi.

Leave a Reply