Sambut Olimpiade Musim Panas 2020, Jepang Siap Hadirkan Layanan Free WiFi di Seluruh Armadanya

Kereta Cepat Shinkansen, Jepang. Sumber: wikipedia

Seolah sudah menjelma jadi kebutuhan primer bagi setiap orang, hadirnya internet di sejumlah sarana publik bukanlah satu pemberitaan yang baru lagi – tidak terkecuali di sarana transportasi. Kali ini Jepang yang berniat untuk menghadirkan fasilitas Free WiFi di hampir seluruh armada Shinkansennya. Tahun 2020 menjadi tenggat waktu pemasangan fasilitas Free WiFi ini, atau yang bertepatan dengan perhelatan Olimpiade dan Paralimpiade Musim Panas Tokyo.

Baca Juga: Di India, Layanan WiFi Gratis di Kereta Juga Dapat Dinikmati oleh Warga Sekitar

Pemasangan fasilitas ini merupakan tindak lanjut dari tingginya permintaan dari para pengguna jasa kereta peluru Shinkansen, baik dari dalam maupun luar negeri. Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman asahi.com (23/7/2018), pihak Japan Railway sudah mulai menyicil pemasangan jaringan internet nirkabel gratis ini di sejumlah rute. Pada bulan Mei silam, Japan Railway telah memasang layanan Free WiFi di kereta peluru seri E5 yang mengular di Tohoku Shinkanen Line.

Pemasangan tersebut berlanjut pada 12 armada Shinkansen lain yang mengular di jalur yang sama, terhitung pada tanggal 23 Juli kemarin. Menurut rencana yang dirilis oleh pihak Japan Railway, “Semua layanan Shinkanen yang mengular di Tohoku, Hokuriku, dan Akita Shinkansen Lines akan memiliki fasilitas Free WiFi pada September 2019 mendatang. Sementara untuk seluruh armada Shinkansen yang mengular di Yamagata Shinkansen Lines akan dapat merasakan fasilitas ini pada Maret 2020.”

Pun dengan operator lain yang juga mengoperasiakan Shinkansen, seperti East Japan Railway Co. (JR East) yang mengatakan akan meningkatkan jumlah armada Shinkansen yang terpasang layanan Free WiFi yang mengular di Joetsu Shinkansen Line.

Baca Juga: Sejumlah Masalah Hadang Penerapan WiFi Onboard di Kereta? Ini Dia Jawabannya!

Central Japan Railway Co. (JR Tokai) juga telah memperkenalkan armada Shinkansen seri N700A yang telah terpasang fasilitas Free WiFi di dalamnya pada 25 Juli kemarin. JR Tokai juga mengatakan akan memastikan pemasangan fasilitas tersebut di 131 armada lainnya pada Maret 2020 mendatang.

Lain cerita dengan operator Hokkaido Railway Co. (JR Hokkaido) yang mermastikan seluruh armadanya akan terpasang fasilitas Free Wi-Fi, “Pada akhir tahun fiskal ini paling lambat.” tutur salah satu juru bicara dari JR Hokkaido.