Santap Sisa Makanan Penumpang, Awak Kabin Ini Terancam Sanksi Berat

0
Awak kabin yang memakan makanan sisa penumpang di dapur kabin (The Sun)

Merasakan lapar saat sedang bertugas tentu hal yang wajar, tapi buat para awak kabin sudah barang tentu rasa lapar tadi harus dikelola dengan baik. Ada aturan dan etika yang harus diikuti, mengingat tindak tanduk awak kabin mencermikan citra maskapai yang bersangkutan. Nah, apa jadinya bila seorang pramugari atau awak kabin terekam sedang mencicipi makanan milik penumpang, lebih hebohnya lagi yang disantap adalah makanan sisa.

Baca juga: Lho! Di Emirates, Ada Sampanye Sisa Dituang Ke Dalam Botol

KabarPenumpangcom melansir dari laman thesun.co.uk (8/12/2017), seorang awak kabin yang bertugas dalam penerbagan maskapai Urumqi Air dengan pesawat Boeing 787-800 tertangkap sedang memakan makanan yang akan dihidangkan pada penumpang dalam sebuah video. Rekaman ini diambil oleh seseorang saat awak kabin ini sedang berada di dapur kabin.

Dalam video terlihat ada sekitar 15 tempat makan aluminum yang berjejer berisi nasi dengan daging. Kemudian awak kabin tersebut sambil sembunyi-sembunyi mengaduk satu tempat makan untuk mengambil daging dan memakannya.

Tetapi tidak hanya satu melainkan dua, kemudian menyedok kembali dari tempat lainnya dan melahap makanan tersebut. Rekaman ini diambil sekitar 45 menit sebelum pesawat mendarat di Kota Yinchuan di Cina barat laut.

Video ini kemudian disebar melalui media sosial dan menjadi viral yang kemudian sampai ke pemimpin maskapai Urumqi Air. Pihak maskapai lalu mengonfirmasi bahwa awak kabin wanita yang tidak diketahui namanya tersebut memang bekerja untuk Urumqi Air dan saat ini sudah diskors serta terkena disiplin oleh pihak maskapai.

Perusahaan tersebut memberikan pernyataan bahwa makanan yang dimakan awak kabin tersebut termasuk makanan sisa dan bukan makanan baru serta seharusnya membuang makanan tersebut. Pihak maskapai juga mengatakan bahwa makanan tersebut telah dibuka dan untuk menjalani prosedur yang tepat dalam menangani makanan sisa agar dibuang.

“Mengingat ketidakberesan karyawan, perusahaan telah memulai prosedur investigasi dan pendisiplinan sesuai dengan peraturan. Perusahaan telah mengatur penyelidikan internal yang komprehensif untuk memastikan bahwa awak kabin mengikuti secara ketat pelaksanaan proses pembuangan makanan, untuk menghindari terulangnya insiden serupa. Urumqi Airlines sejak awal menjunjung tinggi sikap bertanggung jawab untuk memberikan pelayanan kepada wisatawan umum,” ujar pernyataaan yang dikeluarkan maskapai tersebut.

Tak hanya itu, pihak maskapai juga menjelaskan bahwa setiap penerbangan harus memenuhi permintaan penumpang akan makanan. Namun terkadang ada kelebihan saat penumpang tidak mengonsumsi makanan mereka.

Juru bicara Urumqi Air mengatakan, sebenarnya awak kabin juga telah disediakan dengan makanan yang memadai. “Kami sangat menyesal atas kejadian tersebut dan tidak akan pernah mentoleransi tindakan tersebut. Mematuhi standar industri adalah persyaratan dasar bagi para profesional dan meminta maaf atas masalah yang disebabkan oleh kejadian ini,” ujar juru bicara tersebut.

Baca juga: Lima Maskapai Ini Kondang dengan Sajian Makanan Yang Buruk

Awal tahun ini, seorang pramugari Emirates menjadi berita utama setelah dia tertangkap sedang menuang segelas sampanye ke botol di Business Class. Seorang penumpang tanpa disadari menangkap anggota awak kabin dalam tindakan tersebut saat memfilmkan pemandangan dari tempat duduknya yang mewah di kabin kelas bisnis kelas atas Aiebus A380.

Leave a Reply