Saudi Arabian Airlines dan Garuda Indonesia Perluas Perjanjian Codeshare

(The National)

Sejak tahun 2007, Saudi Arabian Airlines atau yang dikenal Saudia memulai codeshare pertamanya dengan Garuda Indonesia. Kemudian maskapai nasional Arab Saudi ini memperluas perjanjian codeshare bilateral yang ada tersebut.

Baca juga: Singapore Airlines Jalin Kerjasama Codeshare dengan Lufthansa Group

Dimana kode SV sendiri akan ditambahkan ke penerbangan Garuda Indonesia antara negara Indonesia, Arab Saudi dan lainnya. Keduanya yang merupakan mitra di SkyTeam Airline Alliance ini juga sepakat untuk memperluas penerbangan antara keduanya melalui penjualan langsung di kedua operator penerbangan tersebut.

KabarPenumpang.com yang melansir dari laman aviationtribune.com (3/9/2018), ini sebenarnya juga untuk memudahkan pelanggan dari kedua maskapai untuk menikmati beberapa hak istimewa seperti reservasi dan pembelian tiket. Selain itu juga untuk transfer pesawat atau transit lebih fleksibel dengan hanya menggunakan satu tiket.

Saudia sendiri akan meningkatkan kehadirannya di Indonesia dengan harga yang bersaing dan memungkinkan perjalanan dari Arab Saudi ke Indonesia serta ke kota-kota baru seperti Surabaya, Makassar dan Medan melalui satu tiket dari Garuda Indonesia. Perjanjian ini juga mencakup tujuan lainnya yakni Sydney dan Melbourne di Australia serta Bangkok di Thailand.

Sedangkan penumpang Garuda Indonesia juga bisa menyambangi tujuan yang ditawarkan Saudia secara domestik, seperti ke Riyadh, Dammam, Al-Qasim dan Tabuk, serta penerbangan internasionalnya ke Casablanca, Kairo, Istanbul, Madrid, Bahrain dan kota-kota lainnya. Dengan rute tambahan sendiri, akan membuka opsi penerbangan tambahan dan mengurangi waktu perjalanan dengan terbang bersama dari dua maskapai tersebut.

Baca juga: Sesama Anggota SkyTeam, Vietnam Airlines dan Garuda Indonesia Sepakati Codeshare dan MRO

Disamping itu, pelanggan kedua maskpai yang menggunakan kartu anggota dapat menambah dan menukarkan miles atau poin yang mereka punya untuk penerbangan-penerbangan yang akan datang. Tak hanya dengan Saudia, Garuda Indonesia juga melakukan codeshare dengan Vietnam Airlines untuk rute Hanoi-Ho Chi Minh City ke Singapura dan Singapura ke Jakarta serta Bali ke Jakarta.

Perluasan kedua maskapai ini juga untuk memperkuat kerja sama dalam kontribusi pengembanan SkyTeam. Pada umumnya, maskapai yang melakukan codeshare akan memiliki nomor penerbangan empat digit yang diawali dengan tiga atau angka lebih tinggi untuk menunjukkan pengoperasian oleh mitranya.