Saudia Jadi Yang Pertama Hadirkan Layanan Gratis WhatsApp OnBoard

Sumber: Middle East

Selamat tinggal kebosanan ketika tengah mengudara, karena Saudi Arabian Airlines atau dikenal juga dengan sebutan Saudia baru saja mengeksekusi rencananya untuk menghadirkan fitur percakapan di armada mereka. Tidak main-main, maskapai berkode ICAO SVA ini menyediakan akses gratis ke iMessage, Facebook Messenger, dan WhatsApp bagi para penumpangnya. Ya, maskapai ini menjadi yang pertama memperkenalkan fitur percakapan gratis ini di region Eropa, Timur Tengah, Afrika, dan Kawasan Asia.

Baca Juga: Duh, Ahli Komputer Temukan Masalah Keamanan di WiFi Onboard!

Sebagaimana yang dihimpun KabarPenumpang.com dari laman tradearabia.com, 5 Mei kemarin sebenarnya maskapai ini telah mengumumkan rencana serupa – namun terbatas pada penerbangan domestik saja. Kurang dari waktu satu bulan, Saudia telah memperlebar jangkaun penggunaan fitur ini yang mencakup skala internasional. “Sudah lebih dari 50.000 penumpang yang merasakan fitur WhatsApp OnBoard ini,” ujar salah satu pihak Saudia.

Kini, pihak Saudia telah menambah dua aplikasi chat yang dapat digunakan penumpang selama perjalanan – iMessage dan Facebook Messenger. Hadirnya fitur seperti ini tentu memberikan keuntungan tersendiri bagi kedua belah pihak. Dari sisi penumpang, mereka tetap bisa ‘terkoneksi’ dengan relasi atau keluarga tanpa harus menyalakan Airplane Mode sebagaimana biasanya. Sedangkan di sisi maskapai, mereka akan digandrungi banyak penumpang yang selama ini tidak bisa lepas dari kehidupan sosialnya.

Konektivitas ini dapat penumpang akses melalui jaringan WiFi yang tersedia di kurang lebih 100 armada Saudi Arabian Airlines. Cukup nyalakan WiFi dan sambungkan perangkat Anda ke jaringan “SAUDIA_ONAIR”. Nanti Anda akan diperintahkan untuk mengikuti sejumlah arahan dan yang terakhir Anda diminta untuk memasukkan alamat email sebelum dapat menggunakan fitur percakapan gratis di pesawat tersebut.

Baca Juga: ‘Cicil’ Pemasangan WiFi Onboard di Penerbangan Domestik, Qantas Targetkan Rampung di Akhir 2018

Tidak hanya layanan percakapan online saja, Saudi Arabian Airlines pun telah terlebih dahulu memperkenalkan layanan sistem hiburan selama penerbangan, seperti WiFi OnBoard, ribuan tayangan Hollywood berkualitas, playlist musik favorit yang dapat Anda personalisasi, e-book, dan hiburan lainnya yang dapat membunuh waktu penerbangan.

Wah, kalau ada layanan percakapan seperti ini sih pengalaman penerbangan penumpang akan jauh berbeda ya! Bagaimana rasanya saja jika Anda naik moda transportasi lain yang tidak mewajibkan Anda untuk menghidupkan Airplane Mode.