Scania Kenalkan Sistem BSW dan VRUCW untuk Kurangi Kecelakaan Pada Pejalan Kaki dan Pesepeda

0
Sistem BSW dan VRUCW di truk milik Scania

Kendaran besar seperti bus dan truk memiliki blind spot atau bagian yang tak bisa terlihat oleh para pengemudi. Ini salah satu yang bisa menyebabkan kecelakaan di jalan raya. Hal tersebut kemudian membuat pabrikan truk Swedia Scania memperkenalkan dua sistem deteksi sisi baru yang dirancang untuk menghindari atau mengurangi truk bersentuhan dengan pengguna jalan lain.

Baca juga: I-SAW-U, Teknologi Anti Blind Spot Pada Angkutan Bus

KabarPenumpang.com melansir laman thetruckexpert.co.uk (2/3/2020), sistem tersebut adalah Blind Spot Warning (BSW) dan berada di kedua sisi truk serta Vulnerable Road User Collision Warning (VRUCW) di sisi penumpang. Sistem ini menggunakan sensor radar dan kamera dalam kombinasi yang bekerja dengan kecepatan lebih dari dua kilometer per jamnya termasuk di jalan raya.

BSW dan VRUCW memberikan peringatan yang dapat didengar dan dilihat pengemudi yang meningkat dalam tiga tingkatan. Dalam hal sistem ini, Scania lebih mengantisipasi pada pejalan kaki dan pengendara sepeda. Sebab Scania mengatakan, mereka akan mendapat manfaat paling banyak dari mata ekstra tersebut.

Di Inggris, insiden paling umum adalah saat sebuah truk belok ke kiri di persimpangan dan ketika itu seorang pengendara sepeda mencoba melewati dari sisi kiri truk. Sehingga Scania mengatakan, kehadiran fungsi deteksi samping, akan memberitahu pengemudi truk dengan peringatan visual dan suara dalam kabin jika ada pengendara sepeda dan pejalan kaki memasuko zona risiko di dekat truk.

Sementara sistem BSW utamanya dirancang untuk memperingatkan pengemudi truk tentang mobil “tersembunyi” ketika pada kecepatan tinggi berpindah jalur, ia juga dapat memperingatkan untuk sepeda dan pejalan kaki. Sementara fokus utama VRUCW adalah mendeteksi pengendara sepeda dan sepeda motor, VRUCW juga dapat melihat pejalan kaki.

“Deteksi Sisi yang ditingkatkan adalah komponen lain dalam tujuan Scania untuk meningkatkan keselamatan pengguna jalan yang rentan. Saya sangat merasa bahwa setiap pengemudi truk ingin memiliki sistem pendukung tanpa henti ini di pihak mereka ketika berhadapan dengan lingkungan lalu lintas yang sibuk,” kata Alexander Vlaskamp, ​​wakil presiden senior, kepala Scania Trucks.

Baca juga: Singapura Uji Coba Sistem Blind Spot Pada 20 Bus

“Truk membentuk tulang punggung masyarakat perkotaan dan memastikan kita semua melakukan semua yang kita bisa untuk mempromosikan keselamatan adalah penting bagi semua orang. Scania percaya sistem ADAS dapat membuat perbedaan nyata, membantu pengemudi untuk menangani beberapa lingkungan mengemudi yang paling menantang dengan aman,” tambahnya.

Leave a Reply