SeatGuru, Aplikasi ‘Pendeteksi’ Tersedianya WiFi dan Stop Kontak di Dalam Penerbangan

0
www.cheatsheet.com

Kehadiran WiFi di dalam pesawat dewasa ini sudah dinilai sebagai sebuah kebutuhan, bukan lagi hanya menjadi tolak ukur apakah penerbangan tersebut termasuk mewah atau tidak. Seperti maskapai Garuda Indonesia yang sudah meluncurkan layanan WiFi onboard yang dapat dirasakan oleh penumpang first class di Boeing 777-300ER. Lalu, bisakah kita mengetahui penerbangan mana saja yang menyediakan layanan WiFi onboard dan stop kontak untuk men-charger ponsel atau laptop?

Baca Juga: Duh, Ahli Komputer Temukan Masalah Keamanan di WiFi Onboard!

Sebelumnya, sebagaimana informasi yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman howtogeek.com, Anda dapat mengetahui apakah sebuah penerbangan memiliki layanan WiFi onboard atau tidak dari gerai pembelian tiket. Misalnya Anda membeli tiket via TripAdvisor, akan ada informasi tambahan jika di dalam penerbangan tersebut menyediakan layanan WiFi atau ketersediaan stop kontak. Tapi jangan sumringah terlebih dahulu, karena pemasangan informasi tersebut merupakan salah satu strategi marketing yang dijalankan oleh pihak maskapai untuk menarik lebih banyak penumpang.

Maksudnya, penerbangan tersebut memang menawarkan layanan WiFi onboard dan  stop kontak yang dapat Anda gunakan untuk mengisi ulang daya gadget Anda, tapi ketersediaannya tidak menyeluruh. Sebut saja Garuda Indonesia yang menawarkan layanan WiFi onboard gratis khusus di first class-nya saja.

Nah, untuk mengecek apakah penerbangan Anda menyediakan fasilitas di atas, sebuah aplikasi bernama “SeatGuru” dapat membantu Anda untuk menggali informasi tersebut. Selama Anda mengetahui nomor penerbangan dan maskapai yang akan Anda gunakan, maka informasi mengenai ketersediaan layanan di atas akan Anda dapatkan. Tidak hanya itu, dari aplikasi ini juga Anda dapat memperkirakan jumlah biaya yang harus dibayar.

Kelebihan lain dari SeatGuru adalah tampilan pemetaan visual yang akan memudahkan Anda untuk melihat di titik mana saja stop kontak itu berada. Walaupun kehadiran stop kontak kerap kali digantikan dengan lubang USB yang bisa Anda gunakan untuk mengisi ulang daya gadget Anda, namun fasilitas ini tentunya akan menambah tingkat kenyamanan perjalanan Anda, karena tidak perlu khawatir lagi gadget Anda habis baterai.

Baca Juga: Sejumlah Masalah Hadang Penerapan WiFi Onboard di Kereta? Ini Dia Jawabannya!

SeatGuru diluncurkan oleh TripAdvisor, selain dapat diakses dari halaman web seatguru.com, aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di iTunes App Store dan Google Play Store. Jelas kekuatan aplikasi SeatGuru adalah database yang tersimpan di dalamnya.

 

Leave a Reply