Sebelum Dijual, PCX Electric Milik Astra Akan Diuji Coba Mitra GoJek Jemput Penumpang

PCX Electric (CNBC Indonesia)

Belakangan ini kendaraan listrik untuk transportsi mulai terdengar gaungnya, bahkan PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) sudah mulai pra uji coba bus listrik, kini PT Astra Honda Motor (AHM) juga memperkenalkan motor listrik mereka yakni Honda PCX Electric. Kemudian melakukan pilot project bersama dengan GoJek penggunaan motor listrik atau electric vehicle (EV).

Baca juga: GoJek ‘Disuntik’ Visa, Grab Jalin Kerja Sama dengan Mastercard

Dirangkum KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber, pilot project ditujukan untuk mengkaji efektivitas motor EV sebagai alternatif layanan transportasi berbasis aplikasi. Nantinya hasilnya akan digunakan Astra untuk penelitian dan pengembangan kendaraan jenis ini ke tahap berikutnya.

“Kolaborasi ini merupakan wujud nyata dari kerja sama antara dua perusahaan nasional, yakni Astra dengan pengalaman di bidang otomotif, khususnya di segmen roda dua, dan GoJek yang merupakan platform teknologi on demand terdepan di Indonesia. Inisiatif ini sejalan dengan kontribusi sosial berkelanjutan Astra di bidang lingkungan, yakni Astra Untuk Indonesia Hijau dan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa,” kata Direktur Astra Paulus Bambang Widjanarko.

Pada masa uji coba ini akan ada lima unit PCX listrik yang akan digunakan mitra GoJek menjemput penumpang. Menurut Direktur Marketing AHM Thomas Wijaya, penggunaan PCX listrik oleh mitra GoJek sekaligus untuk mengkaji efektivitas motor listrik sebagai alternatif kendaraan transportasi berbasis aplikasi.

Hasilnya nanti diharapkan dapat menjadi referensi untuk penelitian dan pengembangan kendaraan listrik pada tahap berikutnya.

“Melalui kombinasi pengalaman di bidang otomotif dan kepemimpinan di bidang teknologi, Astra dan GoJek senantiasa berupaya yang terbaik dalam menghadirkan berbagai inovasi untuk Indonesia. Dalam uji coba yang dilakukan di Jakarta, mitra driver GoJek terpilih akan melayani pelanggan dengan menggunakan Honda PCX Electric yang disediakan oleh Astra,” kata Hans Patuwo, Chief Operations Officers GoJek.

Penggunaan Honda PCX Electric ini ditujukan untuk menghemat biaya operasional dan biaya pemeliharaan. Kolaborasi Astra dan Gojek, tak terpisahkan dari kerja sama kedua pihak sebelumnya.

Belum lama ini, Astra mengumumkan kembali menyuntikkan dana sebesar US$100 juta atau sekitar Rp1,4 triliun untuk GoJek. Kali ini, Astra berpartisipasi dalam pendanaan seri F. Pertengahan Februari 2018 lalu, Astra menanamkan modal sebesar US$150 juta atau sekitar Rp2 triliun.

PCX Electric dikethaui menggunakan dua buah baterai Lithium-iom (Li-ion) dengan daya maksimum masing-masing 50,4 Volt yang berkapasitas 20,8 Ampere. PCX Electric mempunyai power charger yang diletakkan di kompartemen depan.

Baca juga: Tawarkan Pola Setoran, GoFleet Mudahkan Mitra GoCar yang Tak Punya Mobil

Keluaran tenaga maksimum yang dapat dihasilkan mencapai maksimum 4,2 kW atau setara 5,7 Ps di 5.000 rpm, dengan torsi besar mencapai 18 Nm pada 500 rpm. Sedangkan desainnya sama dengan PCX Hybrid atau standar.