Sebenarnya Siapa Pemilik Jaringan Perkeretaapian di Jepang? Cek Jawabannya di Sini

Metro Tokyo Co. Sumber: japantimes.co.jp

Sebagai salah satu mahzab perkeretaapian dunia, sudah sepantasnya jika Jepang selalu mendapat perhatian lebih di sektor transportasinya ini. Mulai dari menyandang predikat sebagai tulang punggung transportasi di sana, hingga kereta super cepat Shinkansen yang sangat terkenal – semuanya serba menarik. Selain menarik, ternyata ada satu pertanyaan besar yang kerap hinggap di benak warganet, “Siapakah pemilik jaringan perkeretaapian Jepang? Apakah sama seperti PT KAI yang dimiliki oleh Pemerintah?”

Baca Juga: JR East Uji Coba Shinkansen Eksperimental ALFA-X Sebelum Mengular Mei 2019

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber, Japan Railways Group merupakan sekelompok perusahaan yang terhitung sejak 1 April 1987, mengambil alih sebagian besar aset dan usaha perusahaan kereta api Jepang, Japanese National Railway (JNR). JNR sendiri merupakan badan usaha milik Pemerintah yang mengoperasikan jaringan kereta api di Jepang sejak tahun 1949 sampai 1987.

Tertanggal 1 Juni 1949, JNR mulai mengoperasikan jaringan kereta api di atas lebar sepur sempit (1.067mm) di ke-46 prefektur Jepang. Namun seiring dengan krisis finansial selama masa operasi, JNR mulai terlilit banyak hutang. Alhasil, BUMN ini terpaksa dipecah akibat belitan hutang tersebut.

Sembilan perusahaan yang dikelompokkan dalam Japan Railways Group masing-masing merupakan perusahaan independen, namun jaringan perkeretaapian masih digunakan bersama oleh seluruh anggota Japan Railways Group. Dari sembilan perusahaan tersebut, tujuh merupakan operator jasa perkeretaapian dan dua lainnya adalah perusahaan riset dan teknologi. Salah satu dari tujuh operator jasa perkeretaapian tersebut merupakan perusahan kargo, sedangkan enam perusahaan sisanya dibagi berdasarkan wilayah yang dilayani.

Tiga perusahaan dalam grup JR—JR East, JR Central, JR West—telah masuk bursa. Perusahaan lainnya masih dimiliki Japan Railway Construction, Transport and Technology Agency, yang merupakan lembaga independen milik pemerintah.

Baca Juga: Deterjen Masuk Kaleng Minuman, Penumpang Kereta di Jepang Kena Luka Bakar

Adapun kesembilan perusahaan yang tergabung di dalam Japan Railways Group adalah:
Hokkaido Railway Company (JR Hokkaido)
East Japan Railway Company (JR East)
Central Japan Railway Company (JR Central)
West Japan Railway Company (JR West)
Shikoku Railway Company (JR Shikoku)
Kyushu Railway Company (JR Kyushu)
Japan Freight Railway Company (JR Freight) – yang bergerak di bidang kargo
Railway Technical Research Institute – yang bergerak di bidang riset
Railway Information Systems – yang bergerak di bidang teknologi