Sederet Bintang K-Pop Ini ‘Banting Setir’ jadi Pramugari dan Pramugara

0
Eun Ji Won saat tengah menyambut tamu yang datang selama menjalani profesi dadakan sebagai pramugara. Foto: Tangkapan layar Facebook Paddle Your Own Kanoo

Seorang rapper, pembawa acara, penari, dan komposer, yang juga merupakan leader dari grup idol generasi pertama Korea Selatan SechsKies, Eun Ji Won, banting setir menjadi pramugara (awak kabin). Usut punya usut, ternyata, bintang K-pop yang juga akrab disapa G1 itu belakangan diketahui tengah mengikuti sebuah acara reality show yang sangat populer di Korea Selatan.

Baca juga: Gegara Parfum Mahal, Artis Asal Australia Terpaksa Digeledah Petugas Bandara

Seperti dikutip KabarPenumpang.com dari laman Paddle Your Own Kanoo, Selasa, (18/2), artis K-pop yang pernah diisukan dekat dengan Lee Soo Yeon tersebut, sebelum benar-benar memulai profesi dadakan sebagai awak kabin, ia terlebih dahulu mengikuti pelatihan singkat di dua maskaapai berbeda, Air Busan dan Cebu Pacific.

Dalam video yang menampilkan Eun Ji Won selama menjalani profesi barunya tersebut, berbagai kesulitan memang sangat terlihat. Di samping itu, ia juga beberapa kali bak orang kebingungan, mondar-mandir sana sini, membantu merapikan kompartemen bagasi, hingga kerepotan dalam menyiapkan beberapa mie instan untuk penumpang. Adapun hal yang lumayan patut dipuji, selama ia menjadi awak kabin, adalah sambutannya yang cukup hangat.

Meski demikian, ia mengakui bahwa pengalaman tersebut adalah pengalaman yang dapat mengubah pendapatnya tentang pramugari. Pasalnya, selama ini, ia hampir selalu tertidur saat di pesawat. “Setiap kali saya naik pesawat, saya hampir selalu tidur sehingga saya tidak pernah benar-benar bertemu dengan pramugari,” jelasnya.

“Saya selalu ingin tahu tentang apa yang mereka lakukan. Setelah merasakannya langsung, saya bertekad untuk tidak pernah mengambil minuman saya sendiri di pesawat. Saya tidak pernah tahu bahwa mereka harus membuang minuman di toilet karena tidak ada tempat lain untuk melakukannya,” tambahnya, saat ditanya tentang pengalamannya menjadi awak kabin.

Senada dengan Eun Ji Won, bintang K-pop lainnya, Kim Yu Jin juga mengaku tidak tahu menahu tentang profesi pramugari dan tugas serta tanggung jawabnya. Pasalnya, selama ini, penyanyi dan aktris Korea Selatan yang lebih dikenal dengan sebutan UEE tersebut selalu tertidur ketika sampai di dalam pesawat.

“Berada di dalam pesawat, saya merasa bahwa pramugari benar-benar luar biasa. Saya selalu tidur di pesawat tetapi setelah pengalaman ini, saya menyadari bahwa pramugari melakukan banyak hal,” katanya yang juga ambil bagian dalam acara tersebut.

Selain Eun Ji Won dan Kim Yu Jin, beberapa bintang K-pop lainnya juga turut meramaikan acara tersebut. Seperti Song Yunhyeong, anggota dari grup K-pop iKON, aktor kenamaan Korea Shin Hyun Joon, dan komedian Hwang Jesung.

Kehadiran sederet bintang K-pop tersebut tentu saja mengundang perhatian banyak penumpang. Beberapa penumpang tampak sibuk merekam sambil tersenyum melihat tingkah awak kabin dadakan itu selama di dalam pesawat.

Baca juga: Regulasi Sudah Disahkan Sejak 2008, Ternyata Masih Banyak Penumpang Korean Air yang Nekat Merokok di Ketinggian 36.000 Kaki!

Di Korea Selatan sendiri, karir sebagai pramugari masih sangat diminati hingga tak sedikit orang yang mengejar profesi tersebut dengan menjalani operasi plastik agar tampak sempurna. Saking banyaknya calon pramugari yang menjalani bedah plastik, sampai-sampai ada klinik bedah kosmetik di Seoul yang menawarkan program ‘operasi plastik’ khusus pramugari.

Hal tersebut pun juga beriringan dengan isu miring mengenai perilaku maskapai-maskapai asal Korea Selatan yang sengaja merekrut wanita-wanita muda yang dinilai sangat menjual. Terlebih, setelah menjalani program operasi plastik khusus pramugari. Sekilas memang tidak ada yang salah, namun, bagi sebagian pengamat di sana, budaya seperti itu sangat tidak baik untuk masa depan Korea Selatan.

Leave a Reply