Sedikit Rahasia Yang Terlupakan dari Sosok Awak Kabin

0
The Points Guy

Apa yang Anda ketahui tentang awak kabin? Umumnya kita hanya mengenalnya sebagai awak yang membantu dan melayani kebutuhan penumpang di pesawat. Tapi tahukah Anda ada beberapa rahasia tentang awak kabin yang sebaiknya Anda ketahui sebelum penerbangan Anda tiba di tujuan.

KabarPenumpang.com merangkum dari foxnews.com, ternyata ada beberapa hal rahasia yang tidak pernah disadari saat berada di dalam pesawat.

Baca juga: Mau Tidur Nyenyak dalam Penerbangan? Ini Dia Tips dari Awak Kabin!

1. Tidak menerima tip
Maskapai dan Asosiasi Petugas Penerbangan melarang adanya pemberian tip pada awak kabin. Bila Anda sebagai penumpang memberi tip pada awak kabin, kemungkinan besar akan ditolak oleh awak kabin. Sebenarnya tidak harus memberi tip, tetapi dengan memberi komentar baik bila memang Anda diperlakukan baik dalam pesawat saat penerbangan, ini akan membantu karir awak kabin tersebut.

2. Tak ada lemburan untuk awak kabin
Banyak yang berpikir awak kabin mendapat lemburan bila pesawat terlambat. Tetapi hal itu tidak terjadi, bahkan mereka bekerja 12 jam tetapi hanya mendapat bayaran tujuh jam saja. Untuk gaji seorang awak kabin kelas menengah sekitar US$37 ribu dan gaji awal mereka biasanya US$16 ribu (sekitar Rp211 juta) per tahun.

3. Tersenyum
Setiap memasuki pesawat, Anda akan disambut dengan senyuman khas para awak kabin baik perempuan maupun laki-laki. Dalam pedoman pembelajaran menjadi seorang awak kabin, mereka memang diwajibkan tersenyum, menyapa dan bersikap ramah.

4. Menciptakan keceriaan
Dalam penerbangan, bila awak kabin mengetahui ada pasangan bulan madu atau ulang tahun. Biasanya awak kabin membuat acara khusus sepeti memberi kejutan dan terkadang sedikit membuat “keceriaan” di dalam kabin pesawat saat terbang.

Baca juga: Yuk! Intip Tempat Istirahat Awak Kabin Virgin Australia

5. Letakkan tas di bawah kaki
Masalah yang satu ini sedikit membuat misteri bagi kebayakan awak kabin. Sebab Anda kemungkinan tersandung dan jatuh saat mencoba berdiri dari tempat duduk. Letakkan barang bawaan tersebut di bagian depan tepatnya di bawah kursi depan. Ini akan memisahkan kaki dengan tas sehigga tidak akan ada kejadian seperti tersebut.

6. Menekan tombol panggil
Beberapa penumpang berpikiran tombol panggil untuk awak kabin adalah dimana meminta makanan atau minuman di kabin. Bila awak kabin sedang membatu penumpang lainnya, baiknya Anda menunggu dengan sabar. Umumnya awak kabin akain melakukan “patroli” ke area tempat duduk Anda setiap 10-15 menit sekali, kecuali dalam kondisi cuaca buruk dan turbulensi seirus.

7. Membantu orangtua yang membawa bayi
Awak kabin harus bisa membantu orangtua yang membawa bayi apalagi saat mengganti popok tetapi dalam keadaan darurat, mau tidak mau harus tetap dilakukan.

 

Leave a Reply