Tuesday, March 5, 2024
HomeHot NewsSejak Diluncurkan Desember 2021, Jalur Kereta Cina-Laos Kini Tembus 9 Juta Penumpang

Sejak Diluncurkan Desember 2021, Jalur Kereta Cina-Laos Kini Tembus 9 Juta Penumpang

Sejak diluncurkan pada Desember 2021, maka per hari Kamis, 5 Januari kemarin, kereta api semi berkecepatan tinggi Cina-Laos telah menangani lebih dari 9 juta perjalanan penumpang. Sekitar 7,54 juta perjalanan penumpang tercatat di jalur kereta api Cina, sementara sekitar 1,46 juta tercatat di jalur Laos.

Baca juga: Kereta Semi Cepat Cina-Laos Siap Rayakan Ulang Tahun Pertama

Data tersebut disampaikan oleh China Railway Kunming Group Co., Ltd, seperti dikutip china.org.cn (6/1/2023). Sejak awal tahun 2023, jalur kereta api Cina-Laos mengalami peningkatan volume penumpang, dengan rata-rata jumlah penumpang yang diberangkatkan setiap hari mencapai 29.000, yaitu hampir dua kali lipat dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2022.

Dari sisi Ciina telah menambahkan beberapa unit kereta menjadi rata-rata 20 pasang setiap hari untuk memenuhi permintaan perjalanan penumpang yang meningkat.

Sebagai proyek penting kerja sama Belt and Road, kereta api Cina-Laos sepanjang 1.035 km menghubungkan Kunming, ibu kota Provinsi Yunnan, China barat daya, dengan ibu kota Laos, Vientiane.

Pembangunan infrastruktur senilai US$6 miliar tersebut dibiayai oleh Cina di bawah prakarsa “New Silk Road” dan akan meningkatkan perekonomian negara kecil di Asia Tenggara itu.

Baca juga: Thailand Siapkan Stasiun Nong Khai untuk Jaringan Kereta Menuju Laos-Cina

Kereta api Cina-Laos rencananya akan dikembangkan melalui Thailand dan Malaysia ke Singapura. Laos sebelumnya hanya memiliki rel sepanjang 4 km. Untuk saat ini kereta api bercat merah, biru dan putih melaju dengan kecepatan hingga 160 km per jam, melewati 75 terowongan dan 167 jembatan dengan 10 stasiun penumpang.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru