Selain Berdoa, Inilah Tiga Tips Ampuh Saat Menghadapi Turbulensi

0
Foto: wpmedia.o.canada.com

Siapa bilang melakoni satu penerbangan merupakan suatu hal yang mudah – terlebih lagi bagi mereka yang baru pertama kali mengudara. Beragam ketakutan mulai dari bagaimana rasanya lepas landas, apa rasanya jika pesawat yang ditumpangi terpaksa melintasi cuaca buruk, hingga rasa takut terhadap turbulensi yang nyatanya masih menjadi momok menakutkan bagi penumpang yang sudah sering melakukan perjalanan udara.

Baca Juga: Terpecahkan! Beginilah Proses Pengambilan Gambar Ketika Pesawat Tengah Mengudara

Nah, guna melawan rasa takut mengudara, beberapa pilot di luar sana memberikan sejumlah tips ampuh untuk melawan rasa takut untuk terbang. Kiranya tips di bawah ini dapat membantu Anda semua untuk menghapuskan rasa takut untuk mengudara, ya! Berikut adalah tips menghilangkan rasa takut dalam menghadapi turbulensi versi pilot, dikutip KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber.

Menulis Nama
Mungkin Anda semua awalnya akan bingung ketika menulis nama Anda di secarik kertas dapat menghilangkan rasa takut Anda ketika mengudara. Caranya sederhana, cukup sediakan secarik kertas dan pena, lalu tulislah nama Anda sebanyak-banyaknya menggunakan tangan non-dominan.

Maksudnya adalah jika Anda bukan seorang kidal, maka tulislah dengan tangan kiri – pun sebaliknya.

Tips ini terinspirasi dari Captain Ron Nielsen, dimana ia mengatakan bahwa fokus Anda akan tertuju pada bagaimana cara Anda menggunakan tangan non-dominan, sehingga ketakutan Anda ketika mengudara akan teralihkan.

Duduk di Baris Depan
Menurut salah satu pilot dari British Airways, Steve Allright, getaran atau guncangan yang diakibatkan oleh turbulensi tidak akan terasa terlalu parah ketika Anda duduk di barisan depan pesawat. Selain itu, Anda juga harus menanamkan persepsi bahwa turbulensi sama halnya seperti Anda melewati sebuah jalan rusak yang mengakibatkan kendaraan Anda berguncang.

“Turbulensi memang membuat Anda tidak nyaman, namun itu tidaklah berbahaya. Itu merupakan bagian dari penerbangan dan tidak perlu ditakuti,” ujar Capt. Steve Allright.

Baca Juga: Hendak Mengudara? Jangan Konsumsi Obat-Obatan Jenis Ini, Berbahaya!

Memijit Titik-Titik Tertentu
Ketika Anda mulai merasa panik dan stress di tengah penerbangan, satu yang bisa Anda lakukan adalah dengan cara memijat bagian leher dan bahu. Selain area bahu dan leher, Anda juga bisa memberikan pijatan di bagian telapak tangan Anda. Caranya adalah dengan menekan ibu jari Anda tepat di bagian tengah telapak tangan dan mulai menyapu ke arah jari.

Jadi, mungkinkah Anda mempraktikkan tips di atas?

Leave a Reply