Tuesday, March 5, 2024
HomeBandaraSelain Keterbatasan Wilayah, Inilah Alasan Mengapa Vatikan Tidak Memiliki Bandara

Selain Keterbatasan Wilayah, Inilah Alasan Mengapa Vatikan Tidak Memiliki Bandara

Andorra yang terletak di antara Perancis dan Spanyol, dikenal sebagai negara terbesar yang tidak memiliki fasilitas bandar udara (bandara). Sementara Vatikan adalah kebalikannya, yakni negara terkecil yang juga tidak memiliki bandara. Dengan peran Vatikan yang strategis sebagai pusat Gereja Katolik dunia dan tempat kediaman Paus, pemimpin tertinggi Gereja Katolik.

Baca juga: Inilah Andorra, Negara Terbesar Tanpa Bandara

Vatikan memang unik, karena dari aspek geografi berada di dalam Italia, lebih tepatnya di Roma. Berikut ini beberapa alasan mengapa Vatikan tidak memiliki bandara:

1. Ukuran Wilayah
Vatikan hanya memiliki wilayah seluas sekitar 44 hektar, sehingga tidak cukup luas untuk membangun sebuah bandara.

2. Lokasi
Vatikan terletak di tengah kota Roma, yang memiliki beberapa bandara internasional yang dapat digunakan untuk memasuki atau meninggalkan wilayah tersebut.

3. Keterbatasan Infrastruktur
Vatikan terletak di dalam kota Roma yang sudah sangat padat, sehingga membangun sebuah bandara akan membutuhkan pengorbanan wilayah dan keterbatasan infrastruktur lainnya seperti lahan dan fasilitas penunjang.

4. Kebijakan Udara
Ada kebijakan udara yang mencegah pendirian bandara baru di kawasan pusat kota seperti di Roma, hal ini mungkin juga memengaruhi keputusan Vatikan untuk tidak membangun bandara.

Baca juga: Negara Mana Saja yang Tidak Punya Maskapai Nasional dan Tidak Punya Bandara?

Meskipun Vatikan tidak memiliki bandara, ada beberapa bandara internasional di dekatnya seperti Bandara Internasional Leonardo da Vinci-Fiumicino dan Bandara Internasional Ciampino yang dapat digunakan oleh peziarah atau tamu Vatikan.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru