Seletar Bus Depot, Pool Bus Berkapasitas Besar dengan Fasilitas Lengkap dan Mewah

0
Ilustrasi Seletar Bus Depot. Sumber: tiongseng.com.sg

Singapore Bus Service (SBS) Transit yang baru saja memperluas jaringan operasinya menggunakan pool bus baru dengan kelengkapan fasilitas yang mengundang decak kagum warganet. Perluasan jaringan yang dilakukan oleh SBS Transit ini merupakan bagian dari Seletar Bus Package, proses tender oleh pihak Land Transport Authority (LTA) yang pertama kali dipublikasi pada 6 Juni 2016. Alhasil, SBS Transit akan menambah 12 rute baru sehingga keseluruhan rute yang tersedia menjadi 26 layanan bus.

Baca Juga: Wales Bangun Terminal Bus Terpadu, Sinergikan Ritel dan Perkantoran

Seperti yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman straitstimes.com (28/1/2018), pool bus yang akan menunjang pengoperasian SBS Transit diresmikan langsung oleh Menteri Transportasi Singapura, Khaw Boon Wan pada Sabtu (27/1/2018) kemarin. Adapun pool yang terletak di perbatasan Yio Chu Kang Crescent ini berdiri di atas lahan seluas 96.000 meter persegi, dimana pool ini mampu menampung 530 bus sekaligus.

Dapat dibayangkan, kemegahan bangunan ini sudah langsung terpancar manakala melihat luas lahan yang diduduki oleh bangunan yang mencakup pool, kantor SBS Transit, dan maintain facilities ini. “Kami akan mempekerjakan 925 staf, termasuk 777 bus captain untuk menjalankan Seletar Bus Package,” ungkap Chief Executive SBS Transit, Gan Juay Kiat. “Kami berencana untuk melakukan perekrutan 150 pengemudi baru yang tentu saja memenuhi standar SBS Transit,” imbuhnnya.

Baca Juga: Sejarah MRT Singapura, Dibangun di Atas Keterbatasan Lahan

Mengingat Seletar Bus Depot merupakan zona terintergrasi, maka kelengkapan dari pra-sarana transportasi anyar di Negeri Singa tersebut tidak bisa dipandang sebelah mata. Mulai dari akses WiFi, kantin sekelas café non-tunai (lengkap dengan pendingin udara), hingga pusat kebugaran semuanya ada di Seletar Bus Depot. Tidak berhenti sampai di situ, jika para pegawai mulai merasa lelah, mereka bisa menggunakan fasilitas kursi pijat yang juga tersedia di sana. Lengkap, bukan?

Karnaval yang diadakan oleh SBS Transit. Sumber: straitstimes.com

“Dengan tersedianya berbagai fasilitas pendukung ini, kami akan betah dan tidak cepat merasa bosan,” kata Chief Bus Captain SBS, Joseph Yap.

Diketahui, Seletar Bus Depot merupakan depo ketiga yang dibangun oleh LTA dan disewakan kepada pihak SBS Transit dengan sistem kontrak. Sementara dua depo pendahulunya, Bulim dan Loyang masing-masing dioperasikan oleh Tower Transit dan Go-Ahead dengan sistem yang serupa. Bertepatan dengan peresmiannya, publik diberi kesempatan untuk mengunjungi Seletar Bus Depot, sebagai bagian dari karnaval yang diselenggarakan oleh SBS Transit.

Leave a Reply