Selundupkan Bayi Boa, Seorang Penumpang Terancam Pidana Denda!

Sumber: dailymail.co.uk

Apa jadinya jika penerbangan Anda ditemani oleh seekor ular? Bagi Anda yang cinta terhadap hewan melata yang satu ini, mungkin perjalanan ini akan sangat menyenangkan. Tapi bagaimana jika Anda merupakan seseorang yang sangat anti dengan ular? Wah, hampir dapat dipastikan perjalanan udara tersebut akan terasa sangat-sangat lama. Nah, ngomong-ngomong soal ular, baru-baru ini ada seorang penumpang yang berusaha untuk menyelundupkan ular di dalam sebuah penerbangan!

Baca Juga: Gagalkan Penyelundupan Sabu-Sabu, Petugas Avsec Adi Sutjipto Diganjar Hadiah dan Penghargaan

Dilansir KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber, seorang berjenis kelamin laki-laki terpaksa diamankan oleh pihak keamanan Bandara Schönefeld-Berlin, Jerman setelah dirinya berhasil menerbangkan seekor ular dari Israel pada malam Natal 2018 kemarin. Uniknya, si penumpang yang berusia 43 tahun ini menyelundupkan ular di dalam celananya – yang sudah terlebih dahulu dibungkus dengan menggunakan karung.

Petugas bea cukai Jerman yang kala itu menyadari kejanggalan dari penumpang anonim ini – ada tonjolan besar di dalam celana, langsung menggeledahnya. Ternyata benar saja, seekor ular berjenis boa dengan panjang kurang lebih 40cm ditemukan di dalam karung tersebut.

Dalam keterangan resmi yang dirilis oleh Potsdam Custom, para petugas di bandara tersebut menyadari bahwa ada sesuatu, “yang semestinya tidak ada di dalam sana (celana),”

Ular boa sendiri merupakan salah satu hewan yang dilindungi dan diatur di bawah regulasi dari Washington Convention on the Protection of Cities, dimana setiap kegiatan ekspor maupun impor yang menyertakan ular jenis ini harus disertai dengan surat khusus.

Dikutip dari laman newsweek.com (15/1/2019), penumpang ini tidak bisa menunjukkan surat-surat keterangan tersebut, dan tindakannya masuk ke dalam kategori penyelundupan barang secara ilegal. Sebagai konsekuensinya, ia akan diperiksa lebih lanjut guna mendapatkan keterangan tambahan, sedangkan untuk ular yang diperkirakan masih bayi ini, diambil alih penanganannya oleh pusat reptil yang ada di Brandenburg, Jerman.

Baca Juga: Lagi, Calon Penumpang Kedapatan Selundupkan Emas ke Dalam Botol Suplemen Makanan

Menurut laman sumber lain, si penumpang yang kedapatan menyelundupkan hewan dilindungi ini paling ringan akan dijatuhi hukuman denda atas perbuatannya – walaupun tidak ada rincian lebih lanjut tentang nominalnya.