Semakin Sulit Bawa Sepeda di Kereta, Inilah Curhat Pesepeda di London

Blogspot.com

Membawa sepeda ke dalam moda angkutan seperti bus dan kereta sudah jadi aktivitas yang lumrah. Meski masih ada sejumlah keterbatasan, moda angkutan seperti TransJakarta dan KRL Komuter di Jabodetabek cukup permisif untuk memperbolehkan sepeda masuk ke moda angkutan, sepanjang yang dibawa adalah sepeda lipat dan penumpang membawa sepeda tidak dalam kondisi peak hour yang padat penumpang.

Pun di luar negeri, membawa sepeda ke moda angkutan massal, khususnya kereta sudah menjadi perhatian sejak lama. Bahkan beberapa layanan kereta di Eropa telah menyediakan gerbong khusus untuk membawa sepeda. Seperti di Inggris. kereta api disana menyiapkan ruang khusus untuk satu sepeda. Yang jadi masalah, ruang khusus sepeda tersebut kadang diserobot oleh penumpang lain yang menempatkan barang bawaan non sepeda di ruang tersebut.

Dirangkum KabarPenumpang.com dari theguardian.com, Chris Peck seorang koordinator  CTC (Cyclists Touring Club) di London mengatakan, “Untuk membawa sepeda, saya harus menebak-nebak dimana letak kosong untuk sepeda dan berdoa agar tidak di isi oleh barang bawaan,” ujarnya.

Baca juga: Pria Pecinta Kereta Api Ini Meninggal Secara Misterius

Ia mengakui, terkadang juga harus berebut dengan orang lain yang juga membawa sepeda, tas, kursi roda dan sejenisnya. Ada yang memang meletakkan di ruang depan, tetapi bila pintu terbuka maka barang-barang tersebut siap untuk jatuh dari kereta. Minimnya space untuk ruang parkir sepeda dalam gerbong kereta dikarenakan kurangnya minat pemerintah dan operator kereta dalam mendukung aktivitas pecinta sepeda. Padahal selama ini di London telah dibuat aturan ketat, sepeda dengan ukuran besar tidak akan diizinkan masuk ke kereta pada jam-jam sibuk. Aturan ini juga berlaku pada kota-kota lainnya tanpa pengecualian.

Baca juga: Setelah 175 Tahun, Ratu Inggris Kembali Menumpangi Kereta Api

Sebenarnya, tidak ada aturan standar sepeda yang bisa dibawa masuk ke dalam kereta. Hanya saja, bagi Anda pengguna kereta tidak bisa memesan ruang khusus pada kereta dari Guildford ke Reading, tetapi untuk kereta jarak jauh dimungkinkan untuk mereservasi terlebih dahulu.

Saat ini ada satu perusahaan kereta yanng bisa mereservasi melalu online untuk memesan tiket Anda yakni National Express. Untuk masalah sepeda ini, pemerintah memberikan £14 juta dalam dua tahun kedepan bagi parkir yang baik, agar mengurangi pencurian sepeda yang melonjak di stasiun. Dengan adanya ini, membuat banyak masyarakat yang menggunakan kereta dan menitipkan sepeda di stasiun.

Peck mengatakan, untuk pelancong yang suka membawa sepeda, baiknya gunakan kereta di akhir pekan. Rencana pembangunan kereta cepat jarak jauh di Inggris pun tak membawa keberuntungan bagi penumpang pesepeda, lantaran kereta cepat hanya menyediakan ruang lebih sedikit untuk penyimpanan sepeda. Dari keseluruhan 650 penumpang yang bisa dalam satu rangkaian ketera, rencananya hanya akan ada empat ruang untuk ‘parkir’ sepeda. Saat ini di kereta reguler hanya terdapat enam ruang untuk penyimpanan kereta. Dalam kampanyenya, CTC berusaha melawan kebijakan yang dikeluarkan perusahaan kereta.

Baca juga: Saatnya Maksimalkan Tenaga Surya untuk Energi Terbarukan di Kereta Api

Menurut pihak CTC, enam puluh persen warga di London tinggal dalam jarak waktu 15 menit dari stasiun terdekat. Namun faktanya kurang dari dua persen penumpang yang dari rumah menuju ke stasiun menggunakan sepeda. Bila regulasi tidak diubah, maka pesepeda yang memanfaatkan jasa kereta akan mengalami penurunan di tahun-tahun mendatang.