Sempat Hoax, Ini Kisaran Tiket KA Joglosemarkerto yang Beroperasi 1 Desember 2018

boarding pass kereta api

Pada 1 Desember 2018, kereta melingkar yang akan menghubungkan kota-kota di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta akan diluncurkan PT Kereta Api Indonesia (KAI). Kereta bernama Joglosemarkerto ini sendiri memiliki rute Purwokerto-Tegal-Semarang-Solo-Jogja-Purwokerto baik dengan rute searah maupun berlawanan laju jarum jam.

Baca juga: KA Komuter Jawa Tengah – Yogyakarta Bakal Mengular Sebentar Lagi

Namun bagaimana dengan tarif kereta Joglosemarketo ini? Sebab, sebelum adanya besaran harga tiket KA Joglosemarkerto ini, beberapa hari yang lalu sempat beredar adanya tarif tiket ini. Sayangnya tarif tersebut tidaklah valid dan masih belum jelas kebenarannya.

Dirangkum KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber, KA Joglosemarkerto akan memiliki tarif kompetitif dan menggunakan dua rangkaian kelas yakni eksekutif dan ekonomi. Gerbong eksekutif di kereta Joglosemarketo akan ada dua dengan kapasitas 100 tempat duduk dengan per gerbongnya 50. Sedangkan kelas ekonomi akan ada tujuh gerbong yang memiliki kapasitas 560 kursi.

Bagaimana tarifnya? Ternyata tarif kelas eksekutif akan berkisar mulai dari Rp40 ribu hingga Rp390 ribu, sedangkan kelas ekonomi Rp30 ribu hingga Rp260 ribu. Besaran tarif ini sendiri tergantung jarak tempuh yang dipilih penumpang. VP PT KAI Daop 5 Purwokerto, MN Huda Santoso mengatakan, untuk penumpang yang akan memesan tiket KA Joglosemarkerto akan mendapat diskon dari PT KAI sebesar sepuluh persen dari tanggal 1-13 Desember 2018.

“Tiket ini bisa dipesan melalui channel-channel eksternal penjualan tiket KA ataupun melalui aplikasi KAI Access,” ujar Huda.

Adanya KA Joglosemarkerto ini penumpang tidak bisa memesan tiket KA Kamandaka rute Purwokerto-Tegal-Semarang dan sebaliknya untuk jadwal 1 Desember 2018 dan setelahnya. Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Supriyanto mengatakan, penjualan tiket KA Kamandaka sendiri mulai 1 Desember belum bisa dilayani karena terkait rencana pemberlakuan KA baru tersebut.

Baca juga: Kereta Api Punya Menu Makanan Baru dan Dapur Sentralnya Ternyata Ada di Yogyakarta

“Karena ada rencana perjalanan KA Joglosemarkerto, mulai 1 Desember penjualan tiket KA Kamandaka belum bisa dilayani,” kata Supriyanto.

Supriyanto menuturkan tidak bisa dilayani KA Kamandaka juga karena adanya proses pemindahan tiket yang sudah dipesan H-90 ke KA yang baru tersebut. Dia mengatakan saat ini masih menunggu proses pembenahan tiketing yang dilakukan kantor pusat PT KAI.