Sempat Mengular, KA Gajayana Priority Kini Berganti Menjadi Luxury

0
Kereta Priority

Sampai saat ini mungkin masih banyak warga masyarakat pengguna kereta api yang bingung membedakan Kereta Priority dan Luxury. Bahkan beberapa diantaranya ada yang menyamakan kedua kereta yang dibanderol dengan tarif cukup tinggi tersebut dengan kereta kelas eksekutif biasa.

Baca juga: PT KAI Luncurkan Priority Class di KA Argo Muria, Ini Dia Rinciannya!

Untuk itu, KabarPenumpang.com akan membahas apa perbedaannya dan kapan saja kereta-kereta ini beroperasi. Perbedaan paling utama adalah Kereta Priority merupakan kereta wisata sedangkan Kereta Luxury adalah kereta tidur atau sleeper.

Kedua kereta ini biasanya berangkat dari Jakarta melalui Stasiun Gambir dan menuju kota-kota besar seperti Semarang, Surabaya dan Malang. Namun, untuk Luxury sendiri saat ini beroperasi dari Stasiun Gambir menuju, Semarang, Surabaya dan Malang serta sebaliknya.

Sedangkan untuk Kereta Priority beroperasi dari Stasiun Gambir menuju Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya dan Malang. Tetapi untuk tujuan Malang keberangkatan Stasiun Gambir atau sebaliknya baru saja operasionalnya berakhir.

Humas Kereta Api Wisata (KAWIS), Evi mengatakan, Kereta Gajayana Priority dari Gambir menuju Malang sudah beroperasi mulai Maret 2018 hingga Agustus 2018 kemarin. “Untuk Gambir-Malang berakhir pada 31 Agustus 2018 dan Malang-Gambir pada 3 Septermber 2018 atau tepatnya hari ini.”

Evi mengatakan, dengan berakhirnya periode Kereta Gajayana Priority, maka akan digantikan dengan Luxury yang dikelola oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI). Untuk tarif, Kereta Priority tak jauh berbeda dengan Luxury dan kursi yang digunakan pun berbeda.

Baca juga: Menjajal Sensasi KA Gajayana “Next Generation” dari Malang ke Jakarta

KA Gajayana Priority sendiri pada awal beroperasi di Maret 2018 kemarin dikenakan harga promo Rp600 ribu dan kemarin sebelum masa berakhirnya dikenakan tarif normal Rp1 juta. Sedangkan untuk kereta Gajayana Luxury sendiri di banderol dengan harga Rp1,4 juta rupiah baik dari Gambir-Malang atau sebaliknya. Keberangkatan dari Gambir pada hari Jumat dan dari Malang pada Minggu.

Meski begitu, bagi pecinta kereta api yang mau menggunakan Kereta Priority saat ini masih ada untuk tujuan Gambir-Bandung (PP) beroperasi setiap hari. Gambir-Yogyakarta (PP) Argo Lawu Priority dalam seminggu ada dua kali perjalanan dan Taksaka Priority satu kali perjalanan yakni Jumat dari Gambir dan Minggu dari Yogyakarta.

Leave a Reply