Sepasang Petugas Medis Beraksi Selamatkan Nyawa Penumpang di Kabin Singapore Airlines

Lam Guo Wei (baju hitam) yang tengah berupaya menyelamatkan penumpang. Sumber: straitstimes.com

Sepasang muda-mudi yang menjadi penumpang Singapore Airlines menuai pujian dari warganet setelah aksinya menyelamatkan nyawa penumpang diunggah ke jejaring sosial Facebook pada Senin (9/7/2018). Postingan tentang pertolongan pertama yang diberikan oleh sepasang petugas kesehatan ini di like-500 dalam rentang waktu tiga jam saja setelah diunggah.

Baca Juga: Awak Kabin Bantu Melahirkan Seorang Ibu di Ketinggian 42.000 Kaki

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman straitstimes.com (9/7/2018), kejadian ini bermula ketika Lam Guo Wei, seorang petugas medis dari Angkatan Bersenjata Singapura dan istrinya, Audrey Chia, seorang suster, tengah dalam perjalanan menuju Fukuoka, Jepang pada Jumat (6/7/2018). Beberapa saat setelah pesawat mengudara, mereka berdua mendapati seorang penumpang laki-laki pingsan di belakang kursi mereka – yang kebetulan dekat dengan toilet.

Seperti sudah menjadi santapan mereka tiap hari, pasangan Lam dan Audrey langsung membopong si penumpang menuju bagian yang agak luas di dalam pesawat guna memberikan pertolongan pertama. Sejurus sesaat, pasangan yang kebetulan sama-sama berusia 27 tahun ini langsung mengecek organ-organ vital dari si penumpang pria seperti denyut nadi hingga detak jantung.

Setelah siuman, mereka langsung menanyakan riwayat penyakit dari si penumpang, alih-alih ia harus mendapatkan penanganan medis lebih lanjut. Tidak berselang lama, seorang dokter asal Jepang datang menghampiri kerumunan untuk melakukan diagnosa cepat. Berlandaskan informasi dari Lam, sang dokter akhirnya memutuskan bahwa maskapai tidak perlu melakukan pendaratan darurat dan penumpang yang namanya disamarkan ini bisa tetap melanjutkan perjalanannya menuju Jepang.

Baca Juga: Proses Persalinan Cepat, Inilah Pertama Kali Seorang Bayi Lahir di Kereta Cepat

Adalah John Lin, seorang penumpang di penerbangan yang sama yang pertama kali mengunggah aksi heroik dari sepasang muda-mudi ini. Disertai dengan sebuah foto yang menunjukkan seorang penumpang tengah mengenakan masker oksigen, tidak sungkan John memuji pasangan ini.

“Mereka berdua adalah profesional medis yang sangat berkualitas!” tulisnya. “Melihat mereka berdua secara langsung saling berkolaborasi untuk menyelamatkan nyawa seorang penumpang merupakan pengalaman berharga yang sangat menginspirasi,” tandas John. Diketahui, pasangan Lam Guo Wei dan Audrey Chia ini hendak melakukan foto pra-wedding di Jepang.

Hingga berita ini diturunkan, sudah lebih dari 1.100 pengguna Facebook yang menyukai unggahan dari akun terverifikasi, The Singapore Army. Salut!