Sepeda Kini Tanpa Dilipat Bisa Masuk Ke Gerbong Kereta

Sepeda masuk ke dalam gerbong kereta jelas sudah biasa, dan memang diperbolehkan, namun syaratnya adalah sepeda lipat. Lantas bagaimana dengan sepeda konvensional yang tidak bisa dilipat, apakah tak mungkin masuk ke dalam gerbong kereta? Jika gerbong kereta biasa jelas masuknya sepeda ukuran standar bisa membuat repot, lantaran kompartemen gerbong yang sangat terbatas. Tapi lain hal dengan kereta di Tokyo ini

Baca juga: Swytch Conversion Kit, Ubah Sepeda Konvensional Jadi Sepeda Listrik

Baru-baru ini di Jepang tepatnya Tokyo diluncurkan gerbong kereta yang dibuat untuk sebuah rangkaian kereta khusus pengguna sepeda. Dimana nantinya para pengguna sepeda tidak lagi perlu repot dengan melipat bahkan membongkar sepeda mereka.

KabarPenumpang.com melansir dari laman japantoday.com (5/12/2017), kereta ini diluncukan oleh East Japan Railway Co pada Senin (4/12/2017) layanan kereta khusus ini, akan mulai digunakan masyarakat pengguna sepeda pada Januari 2018 mendatang. Kereta tersebut hadir setiap akhir pekan dan akan menghubungkan Ryogoku di Tokyo ke berbagai kota pesisir di Semananjung Boso.

Salah satu tujuan terpopuler pengguna sepeda yakni di Prefektur Chiba. kali ini, perusahaan telah mengubah kereta komuter menjadi Basis Sepeda Boso dalam enam gerbong yang mampu menampung 99 sepeda. Uniknya, setiap kursi penumpang di kereta memiliki tiang untuk meletakkan sepeda.

“Kami berharap banyak orang akan menikmati perjalanan bersepeda di sekitar semenanjung,” kata seorang juru bicara East Japan Railway.

Untuk menggunakan gerbong ini, penumpang perlu memesan tempat duduk setidaknya lima hari sebelum keberangkatannya. Tak hanya itu pihak operator mengatakan, tarif tiket pulang-pergi-pulang mulai dari 6.500 yen.

Baca juga: Yuk Bersepeda, Mengurangi Polusi Sembari Membakar Kalori di Tubuh

Di Indonesia, sepeda masuk kedalam kereta pun harus dilipat, sebab tidak ada tempat luas untuk menyimpan sepeda tersebut. Sedangkan di Australia tepatnya di kota Victoria, sepeda yang masuk juga harus dilipat dan jika membawa sepeda yang biasa bisa masuk dalam gerbong bila ruang tersedia. Bagi pengguna kereta jarak jauh dari Albury, Bairnsdale, Shepparton, Swan Hill atau Warrnambool, sepeda Anda harus diperiksa di sebuah stasiun staf minimal 30 menit sebelum layanan Anda berangkat.