Serba Lebih Ketat, Inilah Tarif Dasar Ekonomi Penerbangan di Negeri Paman Sam

Segala sesuatu tentang tiket murah penerbangan pasti menarik perhatian. Kadang kita dibuat terheran-heran, bagaimana tiket pesawat bisa ditawarkan dengan tarif sedemikian murah. Namun lepas dari program promosi dan kampanye pemasaran yang dicanangkan para maskapai, sejatinya sudah tarif dasar ekonomi yang menjadi acuan.

Tarif dasar ekonomi pada masing-masing negara punya standar tersendiri yang telah ditetapkan regulator. Memang tidak se-fleksibel di Indonesia, di Amerika Serikat ada ciri khas tersendiri tentang tarif dasar ekonomi yang dikenakan pada penumpang. Dilansir dari azcentral.com (21/2/2017), American Airlines dan United Airlines sudah menerapkan tarif dasar ekonomi setiap hari Selasa ke berbagai rute atau tujuan. Negeri Paman Sam ini sudah memperkenalkan tarif dasar ekonomi untuk penerbangannya ke 10 rute. Lima di antaranya dari Philadelphia.

Tiket dengan tarif harga dasar yang sudah ditetapkan oleh American Lines dan United Airlines bisa dibeli untuk perjalanan per 1 Maret 2017. Tak hanya itu, untuk penerbangan reguler pada untuk rute domestik diharapkan dapat bergabung dalam skema tarif dasar ekonomi pada tahun depan. United Airlines  membuat tarif dasar ekonomi pada penerbangan dari Minneapolis dan tujuh kota lainnya yakni Chicago O’Hare, Denver, Huston Bush intercontinental, Los Angeles, Newark, San Fransisco dan Washington Dulles.
Delta-Airlines-front-planeUntuk pertama kalinya maskapai yang menerapkan tarif dasar ekonomi adalah Delta Air Lines. Dalam pembagian tarif dasar ekonomi untuk penerbangan, setiap maskapai akan merinci disitus mereka masing-masing agar calon penumpang dapat memilih harga terbaik. Ada beberapa hal yang yang harus Anda ketahui tentang tarif dasar ekonomi, diantaranya adalah:

Jangan berharap tiba-tiba menemukan harga lebih rendah dari yang dilihat
Beberapa maskapai besar selektif dalam mencocokkan harga murah yang ditawarkan dengan rute bersaing. Maskapai saat ini hanya akan menawarkan tarif seperti pembatasan dan wisatawan yang mendapat tarif murah mendapat fasilitas yang sama seperti orang-orang yang membayar harga lebih mahal.

Tidak bisa chek-in sebelum tiba di bandara
Penumpang dengan tarif dasar ekonomi tidak diberi pilihan untuk check in online, atau check ini sebelum tiba di bandara. Namun merespon kebutuhan, maskapai di AS menawarkan pilihan untuk menambah biaya pada kursi tertentu, termasuk untuk paket penerbangan keluarga. Namun, hal itu tidak bisa dilakukan sampai 48 jam sebelum Anda terbang.

Tidak bisa mengubah penerbangan
Untuk hal yang satu ini, setiap maskapai yang menetapkan tarif dasar ekonomi tidak memperbolehkan Anda untuk mengubah jadwal penerbangan.

Jangan berpikir menyimpan barang di kabin atas
Anda diharapkan tidak membawa barang untuk diletakkan pada kabin atas. Tiket dasar ekonomi di American Airlines dan United Airlines melarang penggunaan biaya untuk kabin atas. Ini membuat para penumpang hanya bisa membawa tas atau barang lainnya yang cocok diletakkan di bawah kursi Anda. Tas yang besar seperti koper nantinya tetap diperiksa pada konter tiket boarding dan agen penerbagan akan memantau situasi. American Airlines dan United Airlines mengenakan tarif US$S25 saat tas diperiksa dan ada tambahan biaya untuk gate service fee sebesar US$25.