Serba Serbi Check In Online di Masing-Masing Maskapai Penerbangan

Manfaat fasilitas check in online dalam penerbangan membawa keuntungan pada efisiensi waktu. Meski sudah jamak dihadirkan oleh maskapai penerbangan utama, masih ada calon penumpang yang enggan menggunakan fasilitas gratis ini, alasannya mulai dari ketidaktahuan cara menggunakan, sampai pengalaman gagalnya akses check in online yang membuat seseorang enggan untuk mencobanya lagi.

Lepas dari hal diatas, check in online adalah terobosan paling efektif untuk menghindari antrian panjang di depan counter check in bandara. Meski pada dasarnya fasilitas check in online antar maskapai menyajikan fitur yang serupa, namun tiap maskapai punya kebijakan yang berbeda-beda. Berikut adalah tips check in online dari maskapai penerbangan papan atas di Indonesia.

1. Garuda Indonesia
Untuk bisa melakukan check in online Garuda, anda tentu harus membeli tiket pesawat Garuda Indonesia. Selepas itu, bila ingin check in online Garuda via website, anda bisa masuk ke website resmi Garuda Indonesia. Carilah kata Check In di panel sebelah kanan dan centanglah “Saya sudah membaca Online Check-in informasi” dan klik lanjutkan.

Pastikan anda benar-benar membaca seluruh informasi yang diberikan, karena informasi yang tertampil akan berkaitan erat dengan penerbangan. Kemudian masukkan informasi dari tiket pesawat Garuda Indonesia milik anda seperti yang diminta yakni tanggal keberangkatan, nomor booking reference atau Nomor E-Ticket. Jika sudah benar, klik lanjutkan.

Kemudian konfirmasi kebenaran informasi Anda dan klik lanjutkan. Selanjutnya anda diminta memilih kursi dalam kabin. Setelah itu anda akan diminta menentukan pilihan boarding pass berupa cetak boarding pass, terima sms atau terima surat. Pilih salah satu dan lanjutkan. Selesai.

Web check in ini hanya bisa dilakukan dari 24 jam hingga 4 jam sebelum waktu keberangkatan. Namun untuk keberangkatan dari Bandara Soekarno Hatta (CGK) dengan tujuan penerbangan domestik, web check in Garuda Indonesia bisa dilakukan 24 jam hingga 2 jam sebelum keberangkatan. Selain dari web, penumpang Garuda uga bisa check-in melalui telepon ke Call Center Garuda Indonesia di 08041807807 (Khusus Indonesia saja) dan/ atau +622123519999. Phone check in bisa dilakukan dari 24 hingga 4 jam sebelum keberangkatan. Selain lewat jalur web, fasilitas check in online Garuda Indonesia juga bisa melalui aplikasi di smartphone.

2. AirAsia
Check in online Air Asia melalui website atau mobile boleh dilakukan 14 hari hingga 1 jam menjelang waktu keberangkatan yang sudah dijadwalkan. Cara check in online Air Asia adalah dengan memasukkan kota keberangkatan dan nomor pembelian tiket di tab check-in web www.airasia.com. Lalu ikuti petunjuk dan terakhir cetak boarding pass.

Selain menggunakan website, check in online Air Asia juga bisa dilakukan dengan mobile. Caranya adalah masuk ke aplikasi air Asia atau langsung mengakses www.airasia.com di browser smartphone. Serupa dengan web check in, masukkan kota keberangkatan dan nomor pembelian tiket. Ikuti semua step dan tunggu SMS yang akan dikirim ke nomor HP untuk mengkonfirmasi check-in. Check in ini berlanjut di kios Self Check-In di bandara dengan cara men-scan barkode yang dikirim melalui sms. Dan kemudian Boarding Pass akan dicetak disana. Scanner barkode Air Asia bisa ditemui dengan mudah di bandara-bandara di Indonesia, Malaysia, Thailand dan Filipina.

3. Citilink
Sama seperti check in online Garuda atau Air Asia, check in online Citilink bisa dilakukan melalui website resminya. Bukalah https://book.citilink.co.id/SearchWebCheckin.aspx dan masukkanlah nomor konfirmasi juga nama belakang seperti yang tertera pada tiket pesawat Citilink anda, lalu klik Find booking. Cek info yang tertampil dan ikuti pentunjuknya terus hingga muncul Check in Now. Mudah bukan check in online Citilink? Check in online Citilink ini tidak bisa dilakukan sebelum 24 jam dan 30 menit sebelum keberangkatan.

Para penumpang dapat melakukan check-ini menggunakan Citilink mobile app yang bisa diunduh gratis di ponsel berbasis Android, Blackberry, iOS, dan Windows Phone. Fitur-fitur lain yang bisa diakses di aplikasi ini antara lain reservasi penerbangan dan cek status reservasi, sementara menu pembelian extra baggage, pemesanan in-flight meal, green seat, Citilink Shield, dan informasi jadwal penerbangan sedang dalam pengembangan.

4. Lion Air
Check in online Lion Air dilakukan di website resmi Lion Air. Setelah membeli tiket pesawat Lion Air, anda akan mendapatkan nomor konfirmasi. Nomor ini nantinya bisa anda gunakan untuk mencari informasi booking tiket Lion Air anda. Check in online Lion Air ini sangat mudah dilakukan karena petunjuk check in online Lion Air sudah sangat jelas. Selepas searching nomor konfirmasi dan juga nama anda, informasi penerbangan anda akan tertampil. Ikutilah prosedur check in dengan benar, maka boarding pass akan segera ditangan anda.

Namun sayangnya check in online Lion Air ini hanya bisa dilakukan paling cepat 24 jam sebelum keberangkatan dan akan ditutup 4 jam sebelum waktu keberangkatan. Sangat singkat waktunya sehingga terkadang traffic check in yang banyak menimbulkan gagalnya check-in online Lion Air. Bila demikian tips check in online Lion Air adalah tetap sabar dan terus mengulang sampai check in sukses.

5. Batik Air
Check in online Batik Air dilakukan dengan mengakses website resmi Batik Air dan kemudian masukkan confirmation code dan nama belakang anda sebagai penumpang. Ikuti dengan seksama seluruh petunjuknya dan boarding pass-pun segera dikirim ke email anda.

Bagaimana dengan maskapai lain? Untuk maskapai penerbangan seperti Tiger Airways, Thai Lion Air, Malindo Air sudah menyediakan online check in yang bisa di akses di masing-masing website resminya. Prinsipnya ikutilah prosedur check in yang ada. Sedangkan maskapai penerbangan seperti Transnusa, Xpress Air, Trigana Air, Kal Star Aviation, NamAir, Sriwijaya Air, Wings Air belum menyediakan check in online sehingga anda harus melakukan check in di bandara.