Thursday, June 13, 2024
HomeAnalisa AngkutanSerba-serbi Penyebab Penerbangan Terpaksa Dialihkan (Divert) ke Bandara Lain

Serba-serbi Penyebab Penerbangan Terpaksa Dialihkan (Divert) ke Bandara Lain

Pengalihan penerbangan atau divert adalah salah satu yang lazim dalam dunia dirgantara. Meski bukan sesuatu yang diinginkan terjadi, namun pengalihan penerbangan dapat terjadi suatu waktu. Alasan yang mengemuka dari pengalihan penerbangan umumnya terkait cuaca dan teknis pada pesawat. Nah, sejatinya ada beberapa penyebab yang menjadi latar keputusan untuk mengalihan suatu pemerbangan.

Baca juga: Saat Pesawat ‘Terpaksa’ Return to Base dan Divert Landing, Pilot Harus Penuhi Empat Syarat Ini

Penerbangan dapat dialihkan atau didivert ke bandara lain karena berbagai alasan, seperti:

1. Kondisi Cuaca Buruk
Salah satu alasan paling umum untuk dialihkannya penerbangan adalah kondisi cuaca yang tidak memungkinkan pendaratan yang aman di bandara tujuan. Cuaca buruk seperti kabut tebal, hujan deras, angin kencang, atau badai dapat mengganggu visibilitas dan kemampuan pesawat untuk mendarat dengan aman.

2. Kepadatan Lalu Lintas Udara
Jika lalu lintas udara sangat padat di bandara tujuan, penerbangan dapat dialihkan ke bandara lain untuk menghindari kemacetan udara dan memastikan keamanan operasi.

3. Masalah Teknis Pesawat
Masalah teknis yang tak terduga pada pesawat, seperti kerusakan mesin, sistem avionik, atau komponen lainnya, dapat membuat penerbangan dialihkan ke bandara terdekat untuk perbaikan atau pemeriksaan lebih lanjut.

4. Krisis Medis
Jika ada kejadian medis darurat di pesawat, penerbangan dapat dialihkan untuk memberikan perawatan medis kepada penumpang atau awak kabin yang membutuhkan perhatian segera.

5. Keamanan
Ancaman keamanan atau situasi darurat di bandara tujuan, seperti ancaman bom atau situasi lainnya, dapat menyebabkan penerbangan dialihkan ke bandara lain yang lebih aman.

6. Masalah Logistik
Ketika ada masalah operasional seperti kehabisan bahan bakar, atau keterbatasan fasilitas di bandara tujuan, penerbangan dapat dialihkan ke bandara yang lebih memungkinkan untuk mengatasi masalah tersebut.

7. Pengalihan Operasional
Kadang-kadang, maskapai penerbangan dapat mengalihkan rute penerbangan karena pertimbangan operasional, seperti perbaikan landasan pacu atau perbaikan fasilitas di bandara tujuan.

8. Isu Penerbangan Internasional
Dalam beberapa kasus, penerbangan internasional dapat dialihkan ke bandara alternatif jika ada perubahan dalam persyaratan masuk atau izin pendaratan di negara tujuan.

Baca juga: Landing atau Divert? Inilah Delapan Cara Pilot Terbang dengan Aman

Penerbangan dialihkan setelah pertimbangan yang matang oleh maskapai penerbangan, awak pesawat, dan otoritas penerbangan terkait. Keamanan dan keselamatan penumpang serta awak pesawat adalah prioritas utama dalam keputusan untuk mengalihkan penerbangan.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru